visitaaponce.com

TNI Respons Ahmad Dhani Kampanye di Area Militer AU

TNI Respons Ahmad Dhani Kampanye di Area Militer AU
Ahmad Dhani (kedua kiri) berfoto bersama penyanyi Andien (kedua kanan), Mulan Jameela (kiri) dan Ardhito Pramono (kanan)(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

TENTARA Nasional Indonesia (TNI) merespons aksi pentolan Grup Musik Dewa 19 Ahmad Dhani yang menyelipkan kampanye untuk istrinya Mulan Jameela saat konser di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (21/10). Konser digelar di Pangkalan Udara Wiriadinata, Kecamatan Cibeureum.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono menyebut Ahmad Dhani telah klarifikasi dan minta maaf melalui media sosialnya.

“Ternyata kelepasan bukan kesengajaan,” ungkap Julius kepada Media Indonesia, Senin (30/10).

Baca juga: Bawaslu Koordinasi dengan TNI-Polri soal Netralitas ASN

Julius menuturkan TNI akan terus mengingatkan jajarannya untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 mendatang. Hal itu sesuai dengan arahan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono terhadap seluruh anggota TNI di Tanah Air.

“Tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada parpol maupun peserta paslon yang diusung dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis,” tegas Julius.

Baca juga: Ajudannya Ditarik Mabes Polri, Firli Minta Dikawal TNI

Julius juga mengingatkan agar jajarannya tidak memberikan fasilitas milik TNI kepada paslon dan parpol untuk digunakan sebagai sarana kampanye.

Julius menegaskan pihaknya akan menindak tegas prajurit TNI dan PNS yang terbukti terlibat politik praktis, memihak dan memberi dukungan parpol beserta paslon yang diusung.

Sebelumnya, Komandan Pangkalan Udara Wiriadinata Letkol PNB Adi Putra Buana mengatakan, sebelum konser digelar di Lapangan Udara (Lanud) Wiriadinata, pihaknya sempat memberikan ultimatum kepada panitia dan pihak penyelenggara konser supaya berhati-hati dan melarang kampanye politik.

Karena, kegiatan yang dilakukannya harus tegak lurus dengan panglima TNI, karena lingkungan TNI netral.

“Saya, selaku Danlanud, menyatakan kami tetap netral terhadap segala kegiatan politik praktis oleh pribadi tertentu. Kami tidak dalam posisi mendukung salah satu caleg dan parpol," tambahnya.

Sejak awal, lanjut dia, pihaknya memberikan penekanan untuk tidak ada kampanye. 

"Saat Ahmad Dhani meminta seluruh penonton mencoblos istrinya kami langsung beranjak ke stage dan menyuruh menghentikan pembicaraan. Kami akan tetap menjaga marwah TNI untuk selalu berada di jalan lurus dan netral," tegas Adi Putra. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat