visitaaponce.com

Tidak Ada Sanksi Bagi Ahmad Dhani

Tidak Ada Sanksi Bagi Ahmad Dhani
Ahmad Dhani(ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyayangkan konser Dewa 19 di Lapangan Udara (Lanud) Wiriadinata, Kecamatan Cibeureum, diwarnai kampanye politik. Pentolah Dewa 19 Ahmad Dhani menyampaikan ajakan untuk memilih Mulan Jameela, istrinya sebagai bakal calon legislatif DPR RI.

Plt Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya, Tedi Saepudin mengatakan, musisi Ahmad Dhani yang melakukan konser bersama Band Dewa 19 di Lapangan Udara (Lanud) Tasikmalaya pada Sabtu (21/10) dianggap telah melanggar aturan tahapan pemilu. Akan tetapi, tindakan itu dilakukan sebelum masuk masa kampanye, sehingga tidak diberikan sanksi.

"Kami sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh Ahmad Dhani terutama dalam konser Band Dewa 19 yang sempat mengajak masyarakat di Tasikmalaya dan Garut supaya mencoblos istrinya Mulan Jameela sebagai bacaleg DPR RI. Namun, kampanye yang dilakukan dalam konser itu belum masuk masa kampanye, yang baru akan dimulai pada 28 November 2023," katanya, Senin (30/10).

Ia mengatakan, kampanye yang dilakukan oleh Ahmad Dhani saat konser di Lapangan Udara (Lanud) dianggap melanggar tahapan Pemilu. Namun, Bawaslu Kota Tasikmalaya belum mengambil langkah hukum atau memberi sanksi terhadap bersangkutan.

Bawaslu, lanjutnya, baru bisa bertindak dan melakukan penindakan hukum kalau sudah masuk masa kampanye.

"Kami sangat menyayangkan kampanye yang dilakukan oleh Ahmad Dhani meski secara ketentuan hukum kami belum bisa masuk ke ranah tersebut. Bawaslu baru bisa bergerak setelah masuk masa kampanye," lanjut Tedi.

Dia berharap aksi yang sifatnya kampanye itu sebaiknya tidak dilakukan. Bawaslu Kota Tasikmalaya sebelumnya sudah melakukan imbauan dan sosialisasi ke setiap partai politik maupun berbagai kegiatan untuk tidak melakukan kampanye karena belum waktunya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Wiriadinata Letkol PNB Adi Putra Buana mengatakan, sebelum konser digelar di Lapangan Udara (Lanud) Wiriadinata, pihaknya sempat memberikan ultimatum kepada panitia dan pihak penyelenggara konser supaya berhati-hati dan melarang kampanye politik.

"Saya, selaku Danlanud, menyatakan kami tetap netral terhadap segala kegiatan politik praktis. Kami tidak dalam posisi mendukung salah satu caleg dan parpol," tandasnya. (SG)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat