visitaaponce.com

Diduga Kuat Langgar Kode Etik, MAKI Minta Dewas KPK tak Ragu Pecat Firli

Diduga Kuat Langgar Kode Etik, MAKI Minta Dewas KPK tak Ragu Pecat Firli
Ketua KPK Firli Bahuri(MI / Adam Dwi )

KOORDINATOR Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta Dewan Pengawas (Dewas) KPK untuk tidak ragu menangani kasus dugaan pelanggaran etik Ketua KPK Firli Bahuri. Menurutnya keterangan dari Wakil Ketua KPK Alexander Marwata sudah cukup jelas bahwa Firli memang melakukan pertemuan atau lobi-lobi dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Kalau berdasarkan kode etik ya menurut saya sudah melanggar karena ternyata pimpinan KPK Pak Firli sudah melakukan pertemuan-pertemuan dengan Kementan atau menterinya," ujarnya kepada Media Indonesia, Senin (30/10).

Boyamin menjelaskan bahwa pertemuan tersebut tidak bisa dielakan terkait dengan kasus korupsi di Kementan. Meskipun disebut bahwa pertemuan itu sudah dilakukan sejak lama atau sekitar tahun 2020/2021, tetap saja tidak bisa dibenarkan pimpinan KPK melakukan pertemuan itu. Bahkan, kata dia, pertemuan itu menandakan bahwa sudah sejak lama KPK mengetahui adanya potensi korupsi di Kementan, namun masih dilakukan lobi-lobi.

Baca juga: 2 Pimpinan KPK Dipanggil Dewas Dalami Dugaan Pemerasan dan Pertemuan Firli-SYL

"Jadi ini sebenarnya menjadi pembenaran bahwa Kementan atau menterinya sudah dilaporkan di KPK dan kemudian pak menterinya berusaha menghentikan perkara itu dengan melobi-lobi sehingga melakukan pertemuan," jelasnya.

"Saya berharap ini agak cepatlah Polda dan Dewas supaya KPK tidak tersandera oleh kasusnya Pak Firli. Soal pidana ya kalau terbukti benar bisa segera dipecat dan diganti dengan Plt agak KPK bisa terus bekerja," sambungnya.

Baca juga: MAKI Desak Polda Metro Jemput Paksa Firli Bahuri

Boyamin juga meminta agar Dewas bisa menindaklanjuti dengan menggali keterangan dari SYL. Hal itu untuk membuat kasus tersebut terang benderang dan Firli tidak perlu berkelit lagi. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat