visitaaponce.com

Prabowo Tegaskan Indonesia Nonblok dan Menghormati Kekuatan Global

Prabowo Tegaskan Indonesia Nonblok dan Menghormati Kekuatan Global
Prabowo mengatakan bahwa wilayah ASEAN membutuhkan stabilitas ekonomi untuk membawa perdamaian bagi orang-orang( MI/Susanto)

MENTERI Pertahanan yang juga calon Presiden Prabowo Subianto mengatakan Indonesia tetap menghormati kekuatan-kekuatan yang ada di dunia diantaranya Amerika Serikat, Rusia, ataupun Cina. Indonesia, terang Prabowo, akan menjalin hubungan baik dengan negara manapun, tetapi sumber daya Indonesia tetap harus dikelola sendiri sehingga bisa membawa kemakmuran bagi rakyat.

“Hubungan baik dengan negara lain sehingga bisa mendatangkan investasi luar negeri, membuka pasar bagi kita dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk menurunkan angka kemiskinan,” ujar Prabowo dalam Pidato Calon Presiden RI : Arah dan Strategis Politik Luar Negeri di Kantor Center for Strategic of International Studies (CSIS), Jakarta, Senin (13/11).

Indonesia, ujar Prabowo, membutuhkan stabilitas dan kedamaian agar ekonomi bisa berkembang, untuk kesejahteraan rakyat. Namun, ia kembali menekankan bahwa sumber daya nasional harus dikelola sendiri.

Baca juga: Prabowo Akan Larang Impor Bahan Mentah

“Kita harus mengurus rakyat kita terlebih dahulu,” ucapnya.

Saat Prabowo ditanya apakah tetap akan melibatkan Cina terutama dalam penanggulangan kemiskinan apakah saat terpilih, Prabowo menuturkan ia tetap mengagumi kesuksesan para pemimpin Cina untuk menghapus kemiskinan dari negaranya. Menurutnya itu sebuah pencapaian.

Baca juga: Kaum Muda Sragen Deklarasi Dukungan untuk Prabowo-Gibran

“Setiap negara dan peradabannya punya cara sendiri dalam mengurus sesuatu, jika pemerintah di suatu negara dalam menghapuskan kemiskinan, itu bisa jadi buat kita belajar bagaimana mereka melakukannya, tapi bukan berarti kita harus mengopi metodenya,” terang Prabowo.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa banyak kaum elit terpelajar condong melihat ke barat dalam banyak hal. Ia mencontohkan bangsa barat sukses dalam berbagai bidang mulai dari reformasi, revolusi industri, renaisans dan perkembangan demokrasi.

“Tetapi kita tidak bisa mengkopi dan membawanya begitu saja ke Indonesia. Kita juga mesti melihat negara lain (untuk berkembang) misalnya Jepang, Korea, Cina, India,” sambungnya.

Arah kebijakan politik luar negeri Indoonesia, tegas Prabowo, sudah jelas sejak kemerdekaan bahwa Indonesia punya prinsip gerakan nonblok. Tradisi politik luar negeri Indonesia menurunya tidak memihak pada blok geopolitik manapun.

“Saya berkomitmen untuk melanjutkan tradisi ini karena itu tidak hanya tradisi kita tapi juga harapan dari mayoritas rakyat dan kepentingan nasional kita,” terangnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat