visitaaponce.com

Songsong Pemilu 2024, Iluni UI Deklarasikan Ruang Politik Sehat

Songsong Pemilu 2024, Iluni UI Deklarasikan Ruang Politik Sehat
Iluni UI mendeklarasikan Rumah Politik Sehat untuk Pemilu 2024 untuk menciptakan Pemilu yang mengedepankan asas keadilan.(Ist)

IKATAN Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) mendeklarasikan Rumah Politik Sehat untuk Pemilu 2024. Ini dilakukan guna menciptakan Pemilu yang mengedepankan asas keadilan dan kebebasan berpendapat dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

"Kami harap semua elemen bangsa jadi penggerak terbangunnya ruang sosial politik sehat, berkeadilan dan menghargai kebebasan berpendapat."

"Pemilu 2024 hanya satu babak dari perjalanan bangsa Indonesia yang panjang, dalam hal ini kita terus menerus terbukti mampu menjaga kerukunan," ungkap Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam dalam deklarasi, di Sekretariat Iluni UI, Salemba, Jakarta, Kamis (16/11).

Baca juga: Tiga Paslon Akan Membuat Pemilu 2024 Lebih Sehat

Deklarasi dihadiri penyelenggara dan pengawas Pemilu, timses ketiga pasangan capres-cawapres, Iluni fakultas/wilayah/chapter, jejaring alumni UI lintas partai politik, para caleg, dan organisasi nonpartisan.

Didit mengatakan Ruang Politik Sehat menitikberatkan pada upaya-upaya bersama untuk meningkatkan literasi politik yang mencerdaskan bangsa, yang melindungi keselamatan bangsa, dan dapat diupayakan siapa saja.

“Demokrasi yang maju membangun ruang luas terhadap inklusivitas yang membawa semangat persatuan. Juga upaya pemanfaatan kemajuan teknologi seperti artificial intelligence (AI) dan media sosial untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya generasi muda," ujarnya.

Baca juga: Parpol Harus Tanamkan Nilai Demokrasi Sehat

Sabrang 'Noe' dari Pemimpintar memaparkan AI bisa dimanfaatkan untuk meminimalisasi hoaks di media-media sosial.

"Melalui AI, maka siapapun bisa berkomunikasi langsung dengan calon pemimpin, baik legislatif maupun eksekutif. Jadi, kita bisa mendapatkan penjelasan langsung dari sumbernya," kata Sabrang.

Waksekjen Iluni UI Meggy Tri Buana menambahkan penggunaan AI diyakini akan meminimalisasi misinformasi dan politik adu domba yang kerap terjadi dari satu pemilu ke pemilu lainnya.

Didit mengungkapkan dalam menyambut Pemilu 2024, Iluni UI siap menjadi wadah bersinergi dan berkolaborasi untuk memberikan kontribusi yang berasa dampaknya bagi masyarakat.

“Pintu Iluni UI selalu terbuka dan siap mendengar pikiran dan gagasan terbaik dari siapapun dalam rangka berkolaborasi meningkatkan kualitas demokrasi dan untuk cita-cita kesejahteraan Indonesia," tukasnya.

Baca juga: Pemilu 2024 dan Kebangkitan Politik Profetik

Ia menyampaikan ada 5 poin dalam menciptakan ruang politik sehat yang ditandatangani bersama.

Pertama, menjunjung tinggi nilai universalitas dan hak asasi manusia yang melindungi keselamatan segenap bangsa Indonesia.

Kedua, mengedepankan asas keadilan dan kebebasan berpendapat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara yang maju dengan mengutamakan persatuan.

Ketiga, mendukung pemanfaatan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Keempat, menolak upaya pelemahan demokrasi berupa intervensi hukum, segala bentuk kecurangan dan praktik politik uang, serta intimidasi terhadap seluruh elemen masyarakat termasuk pers.

Kelima, membangun seluas-luasnya inklusifitas dan partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi untuk memperkuat demokrasi di Indonesia.

Sekjen Iluni UI Ahmad Fitrianto menyampaikan Iluni UI bakal membangun kanal khusus untuk melaporkan segala bentuk kecurangan bersama-sama seluruh elemen masyarakat guna menciptakan ruang politik sehat agar menghasilkan pemimpin bermartabat dan kualitas demokrasi di Indonesia semakin meningkat. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat