visitaaponce.com

Nawawi Dinilai Tiada Beda dengan Firli

Nawawi Dinilai Tiada Beda dengan Firli
Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango(MI/Susanto)

Pemilihan Nawawi Pomolango sebagai Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan membawa perbaikan bagi lembaga antirasuah tersebut. Kinerja komisioner itu diyakini sama saja dengan Firli Bahuri.

"Kami tetap dalam posisi yang melihat Nawawi dan komisioner lain kualitas integritasnya sama dengan Firli Bahuri, sampai dia bisa membuktikan sebaliknya," ujar Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Senin (27/11).

Penilaian itu disematkan karena Nawawi merupakan salah satu pimpinan yang turut mendepak sejumlah pegawai KPK berintegritas beberapa tahun lalu. Menurutnya, Nawawi bukanlah jawaban. Semua komisioner yang menjabat saat ini harus dicopot agar KPK bisa sehat kembali.

Baca juga: Pemerasan Firli terhadap SYL Diyakini Dilakukan Berkali-kali

"Kami IM57 tetap konsisten bahwa seluruh pimpinan KPK harus dievaluasi. Mereka semua pelaku penyingkiran rekan-rekan 57 pegawai KPK," ujar Praswad.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai belum mengembalikan muruah KPK dengan menunjuk Nawawi sebagai pengganti sementara Firli. Apalagi, kata Praswad, belum ada keputusan untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK yang menjadi masalah utama dalam pemberantasan korupsi saat ini.

Baca juga: Anies Tuding Aturan Internal KPK Terlalu Longgar

"Yang bisa dilakukan oleh Presiden di masa-masa terakhir jabatannya untuk menyelamatkan KPK adalah mengembalikan KPK menjadi lembaga independen di luar eksekutif sebagaimana tercantum di dalam UU 19 tahun 2019. UU 19 tahun 2019 harus direvisi sekarang," tegasnya.

Presiden Jokowi menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK Sementara. Nawawi ditunjuk menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara karena tersangkut kasus pemerasan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat