visitaaponce.com

Menanti Gebrakan Nawawi Perbaiki KPK

Menanti Gebrakan Nawawi Perbaiki KPK
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan menanti gebrakan Nawawi Pomolango untuk memperbaiki keperyaan publik terhadap lembaga antirasuah itu.(MI/susanto)

MANTAN Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan berharap Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango bisa memberikan gebrakan untuk memperbaiki kepercayaan Lembaga Antirasuah, setelah Firli Bahuri menyandang status tersangka.

"Mestinya Pak Nawawi bisa menunjukkan bahwa ketika dirinya dipercaya bisa membuat perbaikan," kata Novel melalui keterangan tertulis, Selasa (28/11).

Novel menilai kinerja Nawawi selalu tertekan dengan Firli selama menjabat. Kinerja komisioner berlatar belakang hakim itu kini menjadi penentuan pengembalian harapan publik dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Baca juga: Dewas KPK Harap Nawawi Bisa Bersinergi dan Kembalikan Kepercayaan Publik

"Sekarang Pak Nawawi yang sedang diuji, apakah dirinya benar-benar bisa diandalkan untuk membuat KPK lebih baik," ucap Novel.

Di sisi lain, Nawawi Pomolango menegaskan bakal mengupayakan mengembalikan kepercayaan publik usai Firli Bahuri menjadi tersangka kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi. Sisa waktu sebulan di tahun ini bakal dimaksimalkan untuk bekerja.

Baca juga: KPK Hapus Konsep Pembagian Tugas Komisioner

"KPK harus memastikan bahwa pemberantasan korupsi, bagaimanapun dinamikanya, tidak terganggu dan bisa memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat Indonesia, sehingga bisa mengembalikan kepercayaan dan dukungan publik terhadap lembaga ini," kata Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 27 November 2023.

Nawawi mengatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan komisioner lain untuk membuat strategi pengembalian kepercayaan publik kepada KPK. Rencana pertama yakni memenuhi target penanganan perkara dan pemulihan aset di Kedeputian Penindakan dan Eksekusi.

"(Kedua) peningkatan skor indeks perilaku antikorupsi (IPAK) pada Kedeputian Penindakan dan Peran Serta Masyarakat," ucap Nawawi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat