visitaaponce.com

Anies Baswedan Soroti Kerusakan Ekologis Kalimantan

Anies Baswedan Soroti Kerusakan Ekologis Kalimantan
Capres Anies Baswedan hadir di acara adu gagasan bertema Desak Anies bersama generasi muda Kalsel.(MI/Denny Susanto.)

CALON presiden nomor urut 1 Anies Baswedan melanjutkan safari kampanye ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12). Dalam temu milenial Kalsel bertema Desak Anies, ia menyoroti berbagai persoalan dihadapi daerah dan generasi muda Kalsel.

Salah satu yang disoroti Anies ialah kondisi kerusakan ekologis, deforestasi, ekonomi hijau, hingga perlibatan masyarakat dalam pembangunan. "Saya melihat persoalan mendasar di Kalsel ialah tentang kerusakan ekologis dan deforestasi sehingga penting untuk mendorong ekonomi hijau. Bagaimana memastikan infrastruktur dari kota sampai desa secara merata," tutur Anies yang mendapat sambutan hangat ratusan generasi muda yang memadati aula Wetland Square, Banjarmasin.

Ini harus menjadikan kebijakan negara guna mendorong upgrading teknologi dan metode pembangunan ekonomi hijau salah satunya di sektor pertambangan. "Kalsel memiliki potensi yang besar. Program kita yang akan kita jalankan per sektor sesuai daerah tidak hanya Pulau Jawa," tuturnya.

Baca juga: Soal Asam Sulfat Ibu Hamil, Ini Sindiran Anies kepada Gibran

Anies juga didesak untuk menjawab berbagai persoalan daerah dan negara jika terpilih menjadi Presiden RI. Anies berjanji akan mengatasi persoalan ketimpangan pada pembangunan SDM terutama di wilayah Kalimantan dan kawasan Timur Indonesia yang tertinggal 10 tahun dari Pulau Jawa.

Anies melihat kondisi Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru yang terus berkembang membutuhkan solusi transportasi umum. Pembangunan rel kereta dari Kota Banjarmasin ke Kota Banjarbaru dipandang perlu. "Pada 2045 mendatang 75% warga tinggal di perkotaan, sehingga akan ada mobilitas tinggi. Sementara kota-kota di banyak daerah tidak membangunan ekosistem transportasi umum. Transportasi umum akan banyak manfaat dirasakan warga. Biaya pengeluaran masyarakat turun dan masalah polusi teratasi," tambah Anies.

Baca juga: Anies-Muhaimin Paling Getol Usulkan Debat Cawapres

Anies menjadi satu-satunya capres yang bersedia adu gagasan dengan generasi milineal di Kalsel. Sejumlah pertanyaan lain yang dilontarkan audiens yang mayoritas kelompok mahasiswa dan aktivis tersebut antara lain kepastian pembangunan IKN, oligarki, nasib guru honorer, kesehatan mental, bulying, ongkos naik haji, hingga stunting. 

Kampanye Anies Baswedan yang didampingi istri dan perwakilan partai pengusung ini dijadwalkan menghadiri tiga agenda. Selain adu gagasan, Desak Anies dengan milenial Anies juga bersilaturahmi dengan para ulama dan bertemu ribuan warga di Gedung Sultan Suriansyah pada sore hari. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat