visitaaponce.com

Penahanan Firli bakal Jadi Kado Terindah Jelang Hari Antikorupsi Sedunia

Penahanan Firli bakal Jadi Kado Terindah Jelang Hari Antikorupsi Sedunia
Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri(MI/Susanto)

Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo mengungkapkan penahanan Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri akan menjadi kado terindah bagi masyarakat Indonesia menjelang Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh pada 9 Desember mendatang.

"Jika Firli ditahan, itu merupakan kado terindah bagi masyarakat Indonesia dalam menyambut hari antikorupsi sedunia, 9 Desember 2023," ujar Yudi melalui keterangan tertulis, Rabu (6/12).

Ia mengatakan, berdasarkan berbagai bukti dan keterangan yang dimiliki, penyidik semestinya sudah bisa menahan Firli.

Baca juga: Tidak Sembunyi-sembunyi Lagi, Firli Datang ke Bareskrim Lewat Pintu Pengunjung

"Sebelumnya, penyidik juga telah melakukan pemeriksaan perdana Firli sebagai tersangka. degnan begitu, prosedur dan tahapan penyidikan sudah terpenuhi. Sehingga Penyidik Polda Metro Jaya tidak perlu sungkan lagi melakukan penahanan," jelasnya.

Secara objektif, upaya untuk menahan Firli juga sudah terpenuhi yakni kejahatan korupsi di atas lima tahun ancaman hukuman penjara.

Baca juga: Sidang Etik Firli Bahuri Ditentukan Pekan Depan

"Apa lagi Firli juga disangkakan pasal 12B UU tindak pidana korupsi dengan ancaman maksimal penjara seumur hidup," tuturnya.

Sementara secara subjektif, Firli sebagai tersangka bisa ditahan supaya tidak melarikan diri, dan tidak menghilangkan atau merusak barang bukti. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat