visitaaponce.com

Cak Imin Anggap Kartu Prakerja Menghasilkan Generasi Penonton YouTube

Cak Imin Anggap Kartu Prakerja Menghasilkan Generasi Penonton YouTube
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin soroti program kartu prakerja(Medcom)

CALON wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyoroti program kartu prakerja yang telah dijalankan pemerintah. Ia menilai peserta prakerja hanya menjadi penonton YouTube lalu dibayar.

"Waktu Hanif Dhakiri jadi menteri ketenagakerjaan, nawarkan dua skill sama Prakerja. Tujuan Prakerja itu untuk pemagangan sebenernya. Lah kok ini jadi nonton YouTube dibayar kan sekarang," kata Cak Imin di Taman Wiladatika, Jakarta Timur, Kamis (7/12).

Menurut Cak Imin, Prakerja sudah melenceng. Seharusnya, kata dia, menjadi program kepada anak muda yang tengah transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja.

Baca juga: Blusukan di Padang, Cak Imin Soroti Kenaikan Harga Sembako dan Paparkan Solusinya

"Prakerja itu kan nonton YouTube dibayar, yang bikin YouTube dibayar. Nah padahal itu urgensinya apa? Transisi antara dunia pendidikan lulusan SMK, SMA, S1 yang akan ke dunia kerja," ujar Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menuturkan uang negara mestinya dipakai untuk membantu industri yang menjadi sasaran pemagangan. Cak Imin ingin prakerja yang saat ini dijalankan pemerintah untuk dievaluasi total.

Baca juga: Semua Lawannya Berat, Cak Imin: Kami tidak Takut

"Dievaluasi total. Karena sebetulnya ide dasarnya saya terlibat waktu itu. Ide dasarnya adalah transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja. Sehingga dibutuhkan skill kompetensi sehingga orang bisa terserap dengan baik di industri dan lapangan kerja lainnya. Tapi sayangnya hanya menghasilkan orang nonton YouTube hari ini," ucap Cak Imin. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat