visitaaponce.com

TPN Ganjar-Mahfud Pastikan Hukum Berkeadilan Jamin Penegakan HAM

TPN Ganjar-Mahfud Pastikan Hukum Berkeadilan Jamin Penegakan HAM
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.(AFP )

JURU Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD, Chico Hakim menegaskan bahwa capres cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) berkomitmen untuk menghormati dan menegakkan HAM. Hal itu dilakukan dengan memastikan hukum berkeadilan dengan penegak hukum yang bersih.

"Supremasi hukum progresif dan menjamin HAM dengan memastikan hukum berkeadilan dengan penegakan hukum yang bersih, serta menegaskan komitmen untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi HAM diikuti regulasi yang adaptif terhadap perkembangan zaman," ujarnya kepada Media Indonesia, Minggu (10/13).

Chico mengatakan bahwa pelanggaran HAM juga harus diselesaikan secara berkeadilan. Tidak tebang pilih hukum yang menimbulkan ketidakadilan di masyarakat.

Baca juga: Rekomendasi Setara Institute untuk Pemipin Baru Tingkatkan Perlindungan HAM

"Pelanggaran HAM diselesaikan secara berkeadilan, terutama terhadap kasus pelanggaran HAM yang menjadi beban peradaban bagi bangsa dan negara," imbuhnya.

Dia juga menambahkan agar aparatur penegak hukum seperti Polri patuh terhadap standar HAM. "Kepatuhan terhadap standar HAM untuk aparat penegak hukum khususnya Polri," kata dia.

Baca juga: Pemerintahan Jokowi Disebut Gagal Lakukan Reformasi Politik untuk HAM

Adapun, di momen Hari HAM Sedunia, isu-isu HAM yang menjadi PR bagi bangsa Indonesia harus menjadi agenda capres cawapres. Pelanggaran HAM yang masih sering terjadi di tanah air menjadi contoh lemahnya penegakan hukum dan komitmen para pemimpin bangsa dalam menghormati HAM. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat