visitaaponce.com

Komnas HAM Tahun Politik Momentum Wujudkan Pemenuhan Perlindungan HAM

Komnas HAM: Tahun Politik Momentum Wujudkan Pemenuhan Perlindungan HAM
Masyarakat sipil yang tergabung dalam Front Aksi Kamisan membentangkan spanduk saat Aksi Kamisan ke-007 di kawasan Landmark Kota Ternate(Antara/Andri Saputra)

KETUA Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Atnike Nova Sigiro mengatakan bahwa di tahun politik ini hendaknya menjadi momentum untuk pemenuhan perlindungan HAM. Pesta demokrasi harus dilaksanakan dengan mengedepankan penghormatan terhadap HAM.

"Marilah kita menempatkan tahun politik dan pesta demokrasi sebagai perwujudan pemenuhan perlindungan HAM. Termasuk di dalamnya momentum untuk mendorong agenda-agenda pemajuan HAM," ujarnya dalam perayaan Hari HAM Sedunia ke 75, Minggu (10/12).

Atnike mengatakan bahwa pemilu merupakan bagian dari HAM yakni hak politik. Lantas perbedaan sikap atau pandangan politik harus dihormati dan setiap warga negara termasuk kaum rentan dan marginal harus dijamin hak politiknya.

Baca juga: Kebebasan Berekspresi Jadi Konsentrasi Anies-Muhaimin

"Kontestasi politik tersebut merupakan ruang kebebasan yang harus dirayakan dengan bertanggung jawab. Ruang kebebasan tersebut harus dihormati dengan tetap mengedepankan penghormatan terhadap HAM, perbedaan politik harus dihormati dan kontestasi politik harus dijalankan," imbuhnya.

Lebih lanjut, dia menyebut masih banyak persoalan HAM yang harus diperjuangkan bersama. Lewat momentum pesta demokrasi komitmen penghormatan, perlindungan dan pemajuan HAM perlu diperkuat.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud Pastikan Hukum Berkeadilan Jamin Penegakan HAM

Hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas rasa aman, hak atas keadilan, persoalan lingkungan dan perubahan iklim, hak-hak kelompok rentan dan marginal seperti perempuan, anak, orang dengan disabilitas dan lainnya menjadi tugas dan kewajiban negara untuk memenuhinya. Akan tetapi keterlibatan dan kontribusi semua elemen bangsa sangat diperlukan.

Atnike menambahkan bahwa investasi dalam bidang HAM merupakan investasi yang senantiasa membawa keberuntungan bagi suatu bangsa. Hal ini akan membawa kepercayaan yang lebih besar dari dunia internasional terhadap Indonesia termasuk sektor swasta. Sehingga cita-cita untuk pembangunan berkelanjutan dapat segera dicapai. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat