visitaaponce.com

Solusi Masalah Pengangguran, Ganjar Buka Ruang Investasi yang Besar

Solusi Masalah Pengangguran, Ganjar: Buka Ruang Investasi yang Besar
Capres Ganjar Pranowo(MI/Mitha)

CALON presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan yang dilontarkan capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto soal cara mengatasi jumlah pengangguran yang masih banyak, terutama lulusan sekolah dan sarjana. Bagi Ganjar, jawaban utamanya adalah pembukaan ruang investasi yang besar.

Hal itu disampaikannya dalam debat capres perdana yang digelar di halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12).

Baca juga: Singgung Soal IKN, Anies : Masih Banyak Problem Tapi Bangun Istana, Dimana Rasa Keadilan?

"Yang pertama adalah membuka ruang investasi yang cukup besar dengan cara memastikan penegakan hukumnya bisa berjalan baik, kepastian hukumnya berjalan dengan baik, transparan, akuntabel, mudah, murah, cepat dalam sebuah layanan," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, tanpa upaya tersebut, investor justru akan minggat dan tidak mau datang. Adapun jika investasi sudah masuk, Ganjar menyebut sumber daya manusia (SDM) perlu disiapkan meski pemerintah telah mendirikan pusat pertumbuhan dan memberikan kemudahan di bidang insentif pajak maupun perizinan.

Baca juga: Anies Sebut Indeks Demokrasi Menurun, Prabowo Ungkit Jasa Menjadikan Gubernur DKI

Ganjar menyebut, ketangguhan SDM diperlukan untuk menjemput investasi adalah sekolah vokasi. Dengan demikian, setelah wajib bejalar selama 12 tahun secara gratis, lulusan SMK dapat menodorng pertumbuhan. Ia juga menawarkan kebijakan afirmasi bagi keluarga miskin.

"Setiap satu keluarga miskin, kita kasih kesempatan satu anaknya sampai ke perguruan tinggi, karena itulah yang akan membongkar (kemiskinan)," tandasnya. (P-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat