visitaaponce.com

Menanti Kejutan Gibran saat Debat Cawapres

Menanti Kejutan Gibran saat Debat Cawapres
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka(AFP)

PAKAR Komunikasi Politik UGM Nyarwi Ahmad menilai debat calon wakil presiden yang digelar perdana besok merupakan kesempatan terbaik bagi calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka untuk menunjukkan kemampuannya sebagai calon pemimpin.  

"Gibran mampu tidak memanfaatkan panggung. Karena memang publik banyak tersedot untuk melihat performa Gibran saat debat dan sepertinya publik tidak terlalu melihat kompetensi," ujarnya, Kamis (21/12).

Sedangkan terkait dengan kejutan Gibran yang diasumsikan dengan kemampuan debat yang masih di bawah Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar bisa memunculkan beberapa kemungkinan.

Baca juga : KPU Persilakan Gibran Awali Debat Cawapres

"Apakah kejutan ini sifatnya di luar prediksi misalnya kemampuan yang justru publik tidak melihatnya selama ini, semua oke, data valid dan akurat. Atau sebaliknya Gibran katakanlah tidak menguasai materi seperti diasumsikan publik dalam menyampaikan argumen atau terburuk sifatnya blunder misalnya antara pernyataan dan jawaban tidak nyambung," ungkpanya.

Baca juga : Ekonomi Digital Jadi Salah Satu Tema Debat Cawapres

Selain itu publik juga bisa jadi sangat menantikan ekspresinya yang diperlihatkan Gibran, misalnya sikap spontan sifatnya yang pernah dia lakukan pada saat debat capres sebelumnya.

"Tiba-tiba angkat tangan ke atas atau ekspresi wajah, mimik muka wajah yang mengejutkan contoh emosional dan lainnya"

Kejutan yang mungkin dinantikan publik yakni dari cawapres Mahfud MD. Mahfud yang dikenal sebagai pakar serta to the point menjawab pertanyaan seputar perannya sebagai Menko Polhukam.

"Kejutan yang lain dari Mahfud. Dia dikenal orang yang to the point dan ahli serta rapi. Ketika menghadapi Gibran apakah Mahfud masih segarang seperti diwawancarai wartawan kalau ditanya kasus oleh wartawan atau Mahfud justru lembek karena Gibran anak presiden. Soal kompetensi juga sepertinya tidak melihat itu. Sedangkan sama Imin tidak terlalu banyak kejutan," paparnya.

Nantinya publik lebih pada melihat mimik, guyon dan tanggapan atau gimmick saat berkontak ketiganya.

"Soal ide tidak banyak mengejutkan karena biasa debat disiapkan oleh tim. Penguasaan capres yang banyak itu ada kejutan atau tidak termasuk menjawab pertanyaan dari panelis," tukasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat