visitaaponce.com

ICW Desak Sanksi Berat Terhadap Firli Bahuri Sebagai Harga Mati

ICW Desak Sanksi Berat Terhadap Firli Bahuri Sebagai Harga Mati
ICW mendesak Dewas KPK memberikan hukuman berat kepada Firli Bahuri dalam pembacaan vonis etik hari ini.(MI/Adam Dwi)

INDONESIA Corruption Watch (ICW) mendesak Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan hukuman berat untuk Ketua nonaktif Lembaga Antirasuah Firli Bahuri, hari ini, 27 Desember 2023. 

“ICW memandang bahwa pemberian sanksi berat bagi Ketua KPK nonaktif tersebut menjadi harga mati yang harus diambil Dewas sebagai langkah pertama untuk menyelamatkan muruah KPK,” kata Peneliti dari ICW Diky Anandya melalui keterangan tertulis, Rabu (27/12).

Sanksi terberat dalam persidangan etik yakni permintaan pengajuan pengunduran diri sebagai pimpinan KPK. ICW nilai hukuman itu berpotensi diterapkan untuk Firli.

Baca juga: Pembacaan Vonis Etik Firli, Tak Dipengaruhi Pemanggilan Polisi

“Kemungkinan Firli dijatuhi sanksi berat oleh Dewas sangat besar. Sebab, statusnya sendiri di Polda Metro Jaya sudah merupakan seorang tersangka, oleh sebab itu, mudah bagi Dewas untuk membuktikan pelanggaran etiknya,” ucap Diky.

Hukuman berat juga dinilai berpotensi diberikan karena Dewas KPK sudah bertukar informasi dengan Polda Metro Jaya. Bukti yang dimiliki instansi pemantau itu diyakini kuat.

Baca juga: Pengunduran Diri Firli Dinilai Bentuk Kepanikan atas Vonis Etik

“Sehingga, tidak ada alasan bagi Dewas untuk kembali bertindak seperti pelindung Firli, seperti selama ini mereka perlihatkan dalam proses pemeriksaan etik sebelum-sebelumnya,” tegas Diky.

Firli terkena tiga dugaan pelanggaran etik. Pertama yakni terkait dengan komunikasi dan pertemuan dengan SYL. Kedua yakni terkait ketidakjujuran dalam pengisian laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Terakhir yakni soal penyewaan rumah di Jalan Kertanegara 46, Jakarta Selatan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat