visitaaponce.com

Anies Janjikan Permudah Perizinan Jika Jadi Presiden

Anies Janjikan Permudah Perizinan Jika Jadi Presiden
Pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di ajang Re Solusi Indonesia(MI/Usman Iskandar)

CALON presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menegaskan bakal mempermudah semua pengurusan izin jika terpilih. Dia sudah membuktikan pernyataan itu saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Zaman dulu di Jakarta juga gitu. Banyak sekali yang nakut-nakutin, nanti kalau anies jadi gubernur, IMB rumah ibadah susah. Yang terjadi sebaliknya. Justru semuanya berhak mendapatkan IMB," kata Anies dalam acara Re Solusi Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (5/1).

Anies menegaskan dirinya bekerja dengan menganut prinsip kesetaraan. Selain itu, semua izin bakal dipermudah jika menyangkut kepentingan publik.

Baca juga : Markas Pemenangan Anies-Cak Imin Dipadati Penonton Konser Kawal Perubahan Road to Kampanye Akbar di JIS

"Apa prinsipnya? Nomor satu kesetaraan, yang kedua kepentingan publik, yang ketiga data informasi common sense, yang keempat aturan, undang-undang, regulasi, konvensi. Jadi ada keputusan itu," ujar Anies.

Namun, dia mengingatkan semua pembangunan berizin harus mematuhi peraturan yang berlaku. Kebijakan itu paten dan tidak boleh dilanggar.

"Semua kegiatan yang memang punya aturannya silakan dijlankan. Semuankegiatan yang sesuai dengan ketentuan yang ada, jangan dilarang. Negara memberikan ruang untuk seluruh kegiatan itu bisa dilakukan selama dia ikut dengan aturan yang ada di republik Indonesia," ucap Anies.

Baca juga : Anies Baswedan Sebut Ramadan Menjadi Momentum Meningkatkan Kualitas Keislaman

Perizinan soal penyampaian pendapat juga dipastikan tidak akan dipersulit. Sebab, kata Anies, menyampaikan aspirasi merupakan hak semua masyarakat.

"Negara bukan melarang berdasarkan protes, negara melarang bila melanggar peraturan. Kebebasan dibolehkan, itu prinsip demokrasi. Bahwa kita ikut aturannya dan kita memberikan ruang untuk yang mendukung maupun yang menentang," ujar Anies.

Izin juga dipastikan bakal diberikan untuk acara konser dan kesenian. Buktinya, kata Anies, grup band Nidji sering manggung saat dirinya menjabat gubernur.

"Kami malah berharap, di Jakaeta itu bikin Jakarta International Stadium dipakai Nidji konser di situ, Dewa konser di situ. Jakarta penuh dengan konser kemarin, kenapa jadi khawatir besok enggak ada konser?" tutur Anies. (MGN/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat