visitaaponce.com

Sebut Soekarno Sering Beli Alutsista Bekas, Prabowo Didesak Minta Maaf

Sebut Soekarno Sering Beli Alutsista Bekas, Prabowo Didesak Minta Maaf
Capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, di debat capres ketiga, Minggu, 7 Januari 2024.(AFP/Berry)

PDI Perjuangan (PDIP) tidak menerima klaim Prabowo Subianto yang dalam debat capres ketiga menyebut, Presiden ke-1 Soekarno, juga kerap membeli alutsista bekas. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mendesak Prabowo untuk minta maaf.

“Pak Prabowo seharusnya meminta maaf terhadap ketidak pemahaman terhadap konsepsi pada pertahanan pada masa Bung Karno untuk penggunaan pembebasan Irian Barat dan juga menggunakan membantu negara Asia Asia Afrika termasuk Aljazair kemudian Pakistan, " ujar Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, kepada wartawan di Rumah Aspirasi Relawan, Minggu 7 Januari 2024.

Hasto pun meralat pernyataan tersebut dengan bercerita mengenai pencapaian pertahanan, di era Bung Karno.

Baca juga: Prabowo Klaim Prestasi Kemenhan Sangat Jelas di Bawah Kepemimpinannya

"Banyak peralatan baru yang dipakai oleh Bung Karno guna pembebasan Irian Barat, seperti peralatan dari Yugoslavia bahkan sebagian yang digunakan untuk membebaskan Aljazair, bangsa-bangsa Islam banyak merdeka, Karena campur tangan kepemimpinan Bung Karno. Kita mendapatkan hercules t130 dari kepemimpinan Kennedy Amerika Serikat itu juga suatu hal yang baru, " tegas Hasto.

PDI Perjuangan pun menyayangkan ungkapan Prabowo, yang dinilai tidak paham mengenai sejarah dan keliru perihal aspek kebutuhan pertahanan.

Baca juga: Debat Ketiga: Anies dan Ganjar Kuasai Materi, Prabowo Penuh Emosi

“Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan sangat tidak memahami Bagaimana postur Angkatan Perang kita saat itu termasuk Alutsista yang merupakan kekuatan Angkatan perang terkuat di belahan bumi selatan, " tegasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat