visitaaponce.com

Survei Elektabilitas Anies-Muhaimin Ungguli Ganjar-Mahfud

Survei: Elektabilitas Anies-Muhaimin Ungguli Ganjar-Mahfud
Ilustrasi(MI/Usman Iskandar)

Jajak pendapat Media Survei Nasional (Median) mencatat pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) sudah mengungguli pasangan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Pada rilis survei terbaru, Anies-Muhaimin mendapat angka 26,8%. Sedangkan, Ganjar-Mahfud hanya memperoleh 20,1%. Selisih elektabilitas antara mereka mencapai 6,7%.

"Kalau kita bandingkan dengan survei sebelumnya, Ganjar-Mahfud di posisi nomor dua, sekarang sudah disalip pasangan Amin," kata peneliti Median Ade Irfan Abdurahman dalam rilis survei virtual bertajuk Dinamika Elektoral Pileg dan Pilpres 2024, Senin (8/11).

Baca juga: Setara Institute: Anggaran Belanja Alutsista bukan Rahasia Negara

Sementara itu, elektabilitas Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masih di posisi teratas dengan raihan 43,1%.

Survei Median dilakukan terhadap 1.500 responden. Survei dilaksanakan pada 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Pemilihan responden dilakukan dengan metode multi-stage random sampling. Margin of error dari survei ini lebih kurang 2,53% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Prabowo Tawarkan Diskusi, Anies: Boleh, tapi di Forum Terbuka

Pada November tahun lalu, Median juga merilis survei yang sama. Kala itu Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas 37%. Sementara, Ganjar-Mahfud 26,7% dan Anies-Muhaimin 25,4%. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat