visitaaponce.com

Soal Lahan Prabowo, JK Bawaslu Minta Kesaksian Jokowi Saja

Soal Lahan Prabowo, JK: Bawaslu Minta Kesaksian Jokowi Saja
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto(AFP)

Wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menyarankan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta kesaksian Presiden Joko Widodo jika ingin memeriksa Anies Baswedan atas laporan dugaan fitnah kepemilikan 340.000 hektare lahan milik Prabowo Subianto. Ia beralasan, data tersebut juga digunakan Jokowi saat debat capres pada Pilpres 2019 silam.

"Kalau diperiksa gampang, Anies minta kesaksian dari Pak Jokowi. Kan yang pertama ngomong Pak Jokowi," kata JK di Jakarta, Rabu (10/1).

Ia meyakini jika Bawaslu memeriksa Anies terkait dugaan fitnah kepemilikan lahan 340.000 hektare Prabowo, Indonesia pasti akan ramai. Pasalnya, perhatian juga bakal tertuju kepada Kepala Negara.

Baca juga: Netralitas Jokowi Dipertanyakan, JK: Jangan Melanggar Sumpah

Sebelumnya, pada saat debat ketiga pada Minggu (7/1) malam, capres nomor urut 1 Anies mengatakan bahwa setengah dari total jumlah prajurit TNI di Indonesia tidak memiliki rumah. Di sisi lain, Menteri Pertahanan memiliki lebih dari 340.000 hektare tanah. Itu menggambarkan secara jelas adanya ketidakadilan dan ketidaksetaraan di Indonesia.

Atas pernyataan itu, Prabowo lantas membantah bahwa data tersebut dan menyebutnya keliru. Ia meminta Anies tidak mengutip data yang salah. Namun, sehari setelah debat, Prabowo mengoreksi pernyataannya sendiri. Ia mengatakan memang memiliki ratusan ribu hektare lahan. Bahkan, luasnya hampir mencapai 500 ribu hektare. (Z-11)

Baca juga: JK: Pesawat Bekas Jadi Masalah karena Harganya Terlalu Mahal

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat