visitaaponce.com

Anies Yakin Bawaslu Objektif Tangani Pelanggaran Pemilu 2024

Anies Yakin Bawaslu Objektif Tangani Pelanggaran Pemilu 2024
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan(Antara)

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan meyakini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) objektif dalam menangani dugaan pelanggaran Pemilu 2024.

"Kami punya keyakinan bahwa Bawaslu pasti objektif karena Bawaslu berhadapan dengan masyarakat Indonesia yang juga selalu melakukan penilaian," ujar Anies di Bandara Patimura, Ambon, Maluku, Senin (15/1).

Pernyataan tersebut disampaikan Anies menyusul adanya tanggapan dari Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Raja Juli Antoni, terkait kinerja Bawaslu. Raja Juli menilai Bawaslu tajam ke Gibran, namun tumpul ke calon-calon lain.

Menurut Anies, Bawaslu tidak tebang pilih. Apa yang dikerjakan Bawaslu saat ini memang sudah sesuai dengan ketentuan.

Baca juga: Videotron Dukungan Aniesbubble untuk Anies Disetop Paksa

"Kami tidak sepatutnya melakukan penilaian. Namun, ini tumben ada yang merasakan kena tajam. Mungkin karena biasa selalu melenggang, ya," ucap Anies.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gibran kerap melanggar aturan pemilu hingga sering kali mendapatkan teguran. Yang terakhir, ia dianggap melakukan pelanggaran karena bertemu dengan sejumlah kepala desa di Ambon, Maluku.

Baca juga: Jusuf Kalla Apresiasi Polri Gercep Tangkap Pengancam Anies

Sebelum itu, pada November 2023, Gibran juga menghadiri acara Silaturahmi Nasional Desa Bersatu 2023 di Indonesia Arena, di Jakarta. Salah satu organisasi yang terhimpun dalam Desa Bersatu adalah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia.

Itu menjadi persoalan karena, di dalam Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu, kepala maupun perangkat desa diahruskan netral dalam pelaksanaan pemilu, termasuk tidak terlibat dalam kampanye peserta pemilu. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat