visitaaponce.com

Badko HMI Ajak Mahasiswa dan Pemuda Kampanyekan Pemilu Aman dan Sejuk

Badko HMI Ajak Mahasiswa dan Pemuda Kampanyekan Pemilu Aman dan Sejuk
Badko HMI kampanyekan pemilu yang aman dan sejuk(Dok.Badko HMI)

KETUA Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabodetabeka-Banten, M Adhiya Muzakki mengajak kepada seluruh mahasiswa dan pemuda Indonesia untuk turut mengampanyekan pemilu yang aman dan sejuk. Dia juga berharap mahasiswa bisa terlibat dalam menjaga persatuan dalam gelaran Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang. 

"Kami dari Badko HMI Jabodetabeka-Banten memiliki 17 cabang dan memiliki kampus-kampus,  ayo kita kampanyekan politik yang damai, aman, dan sejuk," ujar Adhiya dalam acara Deklarasi Pemilu Damai 2024 di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (23/1). 

Dia mengatakan, proses pemilihan kandidat capres-cawapres dalam Pemilu 2024 tinggal 24 hari lagi. Karena itu, dia pun mendorong kepada seluruh elemen mahasiswa untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Apalagi, menurut dia, saat ini mahasiswa menjadi penyambung lidah rakyat. 

Baca juga: Sambut Pemilu 2024, ICF-APAY dan YMCA Indonesia Gelar Lomba Video Pendek

"Kita tidak mau ada perpecahan di antara putra-putri bangsa. Kita tidak mau ada polarisasi di tengah-tengah demokrasi saat ini," ucap Adhiya. 

Dalam konteks Pemilu sekarang ini, menurut dia, mahasiswa dan pemuda menginginkan calon pemimpin bangsa yang mengedepankan visi dan misi, serta gagasan. Karena itu, menurut dia, mahasiswa tidak boleh terjerumus dalam jurang yang berbahaya dalam politik. 

Baca juga: Mahasiswa Tolak Klaim Glbran Wakili Anak Muda Indonesia

"Makanya kami dari Badko HMI terus melakukan upaya edukasi dalam Pemilu Damai, dalam rangka mewujudkan Pemilu yang bermartabat, jujur dan adil," kata dia. 

Adhiya mengatakan, mahasiswa dan pemuda merupakan calon pemimpin bangsa dan telah banyak berkontribusi untuk bangsa ini. Siapapun yang meragukan mahasiswa dan pemuda, kata dia, mereka tidak paham sejarah.

"Harapan saya, pemilu damai ini sama-sama kita gaungkan di seluruh kampus-kampus, di seluruh kampung dan rumah bahwa kita harus memiliki rasa persatuan dan kesatuan," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Bidang Kominfo Badko HMI Jabodetabeka-Banten, Amor mengapresiasi mahasiswa dan pemuda yang masih mau berbicara gagasan. Dalam konteks Pemilu, dia pun menyinggung gagasan seorang filsuf dari Jerman, Jurgen Habermas tentang demokrasi deliberatif. 

Menurut dia, demokrasi deliberatif yang ditawarkan Habermas tersebut menjadi sumbangan pemikiran yang bisa dipertimbangkan untuk menyelesaikan persoalan demokrasi saat ini. 

"Jadi pemilu dalam konteks gagasan Habermas tadi adalah salah satu bentuk bagaimana harusnya demokrasi deliberatif tadi muncul dan memberikan kesempatan kepada kita semua rakyat untuk berpartisipasi di dalam sistem demokrasi itu sendiri," jelas dia.

Dia pun mengingatkan kepada mahasiswa agar tidak hanya berpartisipasi pada pemilihan pada 14 Februari 2024 saja, tapi juga ikut berpartisipasi dalam mengawal pemerintahan selanjutnya. (RO/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat