visitaaponce.com

Keberadaan Harun Masiku Kembali Buram

Keberadaan Harun Masiku Kembali Buram
KPK kembali tidak bisa memastikan lokasi buronan sekaligus mantan caleg dari PDIP Harun Masiku. (Antara)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali tidak bisa memastikan lokasi buronan sekaligus mantan calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan Harun Masiku

“Posisinya entah di mana sekarang, itu yang belum kami ketahui,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu (24/1)

KPK masih belum menyerah mencari tersangka kasus dugaan suap dalam pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR itu. Semua informasi keberadaannya yang diterima dipastikan bakal didalami.

Baca juga: KPK Masih Cari Informasi Harun Masiku, Termasuk Kepastian Hidupnya

Harun diyakini Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) sudah meninggal. Namun, KPK tidak memercayai kabar tersebut. “Harus ada bukti kematiannya, kan begitu,” ujar Ali.

Harun pernah terdeteksi berada di sejumlah negara. Salah satunya yakni Filipina.

Baca juga: KPK Respons Gugatan Praperadilan MAKI di Kasus Harun Masiku

Masih buronnya Harun sempat dipertanyakan mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Padahal, eks komisioner KPU itu sudah diadili dan mendapatkan kebebasan bersayarat.

“Saya juga mempertanyakan kenapa KPK tidak segera menangkap Harun Masiku. KPK kan bisa menangkap saya, kenapa Harun Masiku tidak bisa ditangkap?” kata Wahyu di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 28 Desember 2023.

Wahyu hanya menjalani masa pemenjaraan selama tiga tahun jika mengacu dari waktu penangkapan yang dilakukan KPK pada Januari 2020. Padahal, hukuman kurungan dia berdasarkan putusan kasasi yakni tujuh tahun penjara. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat