visitaaponce.com

Ditinggal Mahfud MD, Presiden Jokowi Klaim Kabinet Tetap Solid

Ditinggal Mahfud MD, Presiden Jokowi Klaim Kabinet Tetap Solid
Presiden Joko Widodo (kedua kanan), Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) dan Menhan Prabowo Subianto (kedua kiri) di tahun 2022.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi mengaku belum mendapatkan laporan soal mundurnya Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Meski demikian presiden menyatakan menghormati keputusan itu.

"Itu hak, saya sangat menghargai. Sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan," ucap presiden saat kunjungan kerja di Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (31/1).

Saat ditanya mengenai kondisi Kabinet Indonesia Maju saat ini, presiden mengaku para menteri sangat solid. Sebelumnya beredar isu sejumlah menteri akan mundur dan suasana di kabinet berubah setelah pencalonan presiden 2024.

Baca juga : Puan: Tolong Tanyakan ke Jokowi, Dukung Ganjar atau yang Lain?

"Sangat solid," ucap presiden singkat.

Menkopolhukam Mahfud MD mengumumkan mundur dari jabatan. Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 itu akan menyampaikan surat resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Mahfud mengatakan pengunduran dirinya merupakan komitmen untuk menjaga independensi selama proses pemilu presiden 2024. Ia mengatakan pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam telah dibicarakan sejak dirinya diusung sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo.

Baca juga : Profil Mahfud MD, Dari Mahasiswa Hukum, Menko Polhukam hingga Cawapres

Sebelumnya, Mahfud telah menemui Menteri Sekretariat Negara Pratikno. Dari pertemuan itu, Mahfud telah dijadwalkan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mahfud menjelaskan ingin bertemu langsung dengan Presiden karena ingin mundur secara baik-baik, sebab dulu juga diangkat secara baik, dan tidak ingin muncul kesan ‘tinggal glanggang colong playu’.

Di sisi lain, pengunduran diri yang diumumkan langsung di sela kampanye akbar di Lampung Tengah, pada Rabu (31/1), telah disepakati bersama dengan pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo. Menurut Mahfud, nilai independensi selama proses pemilihan yang berlangsung pada 14 Februari dan proses setelahnya sangat penting.

Secara terpisah, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan para menteri menjalankan tugas seperti biasa. Pemerintahan, ucap Ari, berjalan dengan baik. Tidak menteri yang mundur selain Mahfud.

Baca juga : Mahfud MD Mundur, Segini Harta Kekayaannya saat Menjabat Menko Polhukam

"Sampai saat ini belum ada (menteri yang akan mundur). Kita juga bisa memastikan bahwa roda penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan dengan baik. Menteri-menteri bekerja menjalankan tugasnya dengan baik," ucap Ari di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (31/1). (Ind/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat