visitaaponce.com

Cawe-cawe Jokowi Bikin Demokrasi Indonesia Jatuh ke Titik Nadir

Cawe-cawe Jokowi Bikin Demokrasi Indonesia Jatuh ke Titik Nadir
Perwakilan tokoh bangsa dan ormas Sabriati Aziz di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Februari 2024.(Dok. Medcom)

CAWE-cawe Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Umum (Pemilu 2024) problematik. Tingkah Jokowi merusak demokrasi Indonesia

“Keterlibatan dan keberpihakan presiden dan jajaran pemerintah membuat etika politik terjerembab ke titik nadir,” kata perwakilan tokoh bangsa dan ormas Sabriati Aziz di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Kamis, 1 Februari 2024.

Sabriati mengatakan kondisi itu memprihatinkan lantaran membuat bisa Pemilu 2024 menjadi yang terburuk dalam sejarah Indonesia. Sebab, cawe-cawenya terlalu dalam hingga berupaya memenangkan partai dan atau pasangan calon tertentu.

Baca juga : Pakar Sebut Pernyataan Mahfud dan Jokowi Terkait Kondisi Jelang Pemilu 2024 Dua Hal Berbeda

“Sejatinya pemilu adalah jalan damai untuk pergantian rezim yang sudah berkuasa selama maksimal masa jabatannya,” ujar dia.

Sabriati menyebut pemilu seyogianya berlangsung dngan prinsip jujur dan adil. Sayangnya, muruah tersebut tidak terlihat dalam Pemilu 2024.

“Gejala dan gelagat kecurangan menjema di depan mata seperti pengerahan aparat negara dan kepala desa hingga pembagian bantuan sosial,” ucap dia.

Baca juga : Cawe-Cawe Pemilu 2024, Presiden Jokowi Tunjukkan Gejala Post Power Syndrome

Sabriati menuturkan praktik kotor itu mesti dihentikan dengan segera. Supaya potensi kecurangan dan ketidakadilan lainnya dapat ditekan.

Tokoh-tokoh dan ormas yang menggelar pernyataan bersama itu berasal dari berbagai kalangan. Beberapa sosok itu, yakni Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla dan eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin.

Berikutnya eks Menteri Agama Fachrul Razi dan eks Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Ryaas Rasyid. Lalu aktivis Kristen Benny Parapat.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat