visitaaponce.com

Seruan Moral dari Guru Besar dan Universitas Buka Mata Masyarakat

Seruan Moral dari Guru Besar dan Universitas Buka Mata Masyarakat
Ilustrasi.(Freepik)

REKTOR Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih menilai seruan moral yang dilakukan universitas dan guru besar terkait fenomena pemilihan umum (pemilu) tahun ini membuka mata masyarakat bahwa seruan tersebut untuk kondisi negara yang lebih baik lagi.

"Saya masih sangat percaya dan haqul yakin, seruan moral oleh para guru besar dan akademisi yang akhir-akhir ini banyak bermunculan pada dasarnya dimaksudkan untuk tujuan-tujuan mulia serta berangkat dari idealisme dan kesucian serta panggilan nurani untuk kebaikan bersama. Saya yakin itu," kata Nasih saat dihubungi, Minggu (4/2).

Hanya, lanjut dia, di tengah hiruk pikuk politik saat ini, sangat mungkin ada orang-orang tertentu yang memanfaatkan idealisme dan suara hati para akademisi tersebut untuk tujuan dan kepentingan politik tertentu. Orang-orang tersebut dipastikan bukan akademisi, tetapi mungkin politisi berbaju akademisi.

Baca juga : Sejumlah Rektor Apresiasi Kinerja Pemerintah Jokowi

"Jadi yang oportunis dan partisan bukan akademisinya tetapi orang-orang yang memanfaatkan isu-isu atau pandangan akademik tersebut untuk tujuan politik. Jadi kita harus sangat berhati-hati," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) mendeklarasikan pemilu 2024 yang damai dan aman. Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Prof Nurhasan juga mengingatkan agar akademisi tetap objektif dalam menyampaikan pendapatnya.

"Harus ada koridor dalam menyampaikan pendapat ini. Koridor yang harus ditaati selama kebebasan tersebut bersifat objektif dengan didasari nilai etika dan untuk kebaikan bangsa," ujarnya.

Baca juga : Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas Jadi Panelis Debat Kelima Pilpres 2024

Adanya kebebasan berpendapat pun perlu dihormati secara bersama sehingga jangan sampai memecah belah bangsa. "Jangan sampai kebebasan berpendapat ini digunakan untuk menghujat memfitnah, hingga menghasut," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat