visitaaponce.com

Makan Siang dan Susu Gratis Bisa Bikin Anggaran Pendidikan Berkurang Drastis

Makan Siang dan Susu Gratis Bisa Bikin Anggaran Pendidikan Berkurang Drastis
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di SDN 11 Grogol, Jakarta, Kamis (12/10/2023).(ANTARA/WALDA MARISON)

MAKAN siang dan susu gratis untuk anak di sekolah menjadi salah satu program andalan Calon Presiden (capres) Nomor Urut 2, Prabowo Subianto. Hal ini menimbulkan pertanyaan penganggarannya pada bidang pendidikan.

"Mempertanyakan rencana penggunaan anggaran dana pendidikan untuk program tersebut," kata Kabid Advokasi Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Iman Zanatul, dalam keterangannya kepada Medcom.id, Senin, 5 Februari 2024.
 
Iman menjelaskan berdasarkan UUD Tahun 1945 Pasal 31, pemerintah wajib menganggarkan 20 persen APBN dan APBD untuk pendidikan. APBN untuk pendidikan diketahui sebesar Rp612 triliun.

Sementara itu, diperkirakan anggaran makan dan susu gratis di sekolah akan membutuhkan dana Rp400 triliun. Iman menyebut makan siang dan susu gratis bisa membuat anggaran pendidikan berkurang drastis.
 
"Maka jelas berpotensi bertentangan dengan UUD 1945. Sebab akan mengurangi drastis alokasi anggaran untuk bidang pendidikan lainnya," tutur Iman.

Baca juga : Program Makan Siang dan Susu Gratis hanya akan Untungkan Importir

Tawaran program makan siang dan susu gratis sering disampaikan Prabowo kepada publik. Mulai dari saat kampanye hingga kembali disinggung saat debat capres kelima pada Minggu (4/2). (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat