visitaaponce.com

Anies Baswedan Mengapresiasi Keberanian Akademisi yang Mengkritik Pemerintah

Anies Baswedan Mengapresiasi Keberanian Akademisi yang Mengkritik Pemerintah
Kampanye akbar Anies Baswedan di Pare(MI/Susanto)

CALON presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, memberikan penghargaan kepada para anggota akademis. Beberapa perguruan tinggi telah mengeluarkan pernyataan terkait pemerintahan Presiden Joko Widodo, dan Anies menyatakan penghormatannya terhadap mereka yang berani menyuarakan pendapatnya.

"Saya menghargai mereka yang tidak takut untuk menyampaikan pendapatnya," kata Anies di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (AAP), Samarinda, Kalimantan Utara, pada Rabu, 7 Februari 2024.

Anies menekankan bahwa saat ini Indonesia membutuhkan orang yang konsisten, dan serangkaian pernyataan tersebut dianggap sebagai langkah yang wajar untuk menjaga martabat bangsa.

Baca juga : Jokowi Sesumbar Tak Berkampanye, Anies Singgung Konsistensi

Selain itu, Anies memberikan tanggapan terhadap pengakuan rektor Universitas Soegijapranoto yang diminta untuk memberikan tinjauan positif terhadap pemerintahan Jokowi. Menurut Anies, mencoba memperbaiki citra pemerintah dengan cara tersebut dianggap sudah ketinggalan zaman.

"Kini adalah era yang berbeda, kita tidak bisa lagi menggunakan rekayasa dan pola lama seperti itu," jelasnya.

Sivitas akademika mengeluarkan gelombang kritik terkait situasi terkini di Indonesia, terutama terkait penurunan demokrasi di negeri ini. Contohnya adalah Petisi Bulaksumur dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, di mana anggota akademis UGM menyayangkan dugaan penyimpangan yang dilakukan Presiden Joko Widodo dalam menjalankan demokrasi di Indonesia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat