visitaaponce.com

Luhut Elon Musk Mau Pasang Internet di IKN

Luhut: Elon Musk Mau Pasang Internet di IKN
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara pada November 2023.(Antara)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaiatan mengungkapkan konglomerat pemilik jaringan Starlink, Elon Musk akan menyediakan internet berbasis satelit di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Menko Marves menuturkan Starlink tengah menyelesaikan proses surat izin laik operasi (SILO) yang berfungsi sebagai legalitas izin yang diberikan kepada perusahaan.

"Starlink mau masuk di IKN. Saya kira hampir selesai persyaratan (izin usaha) dia (Starlink) di IKN. Begitu surat dia di Kominfo selesai terkait issue SILO atau izin laik operasi, dia bisa datang ke Indonesia," katanya di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Rabu (7/2).

Baca juga : Kemenhub Targetkan Uji Coba Bandara IKN Juli 2024

Luhut menuturkan jaringan internet Starlink juga disediakan di puskesmas-puskesmas yang berada di kawasan IKN. Jaringan internet Starlink sudah masuk ke Indonesia sejak tahun lalu. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, salah satu contoh puskesmas yang sudah menggunakan jaringan internet starlink milik Elon Musk berada di wilayah pelosok daerah Aceh.

"Begitu layak operasi diberikan, lima hari kemudian dia bisa datang (memasang internet di IKN). Dia mau launching di IKN dan di puskesmas-puskesmas yang dekat di IKN," terangnya.

Pemasangan jaringan internet di IKN, seperti di puskesmas, kata Luhut, sebagai perintah Presiden Jokowi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah.

Baca juga : Jokowi Minta Menpan RB Susun Simulasi Perpindahan ASN ke IKN

"Presiden minta kenapa Starlink ini supaya ada di puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau dengan (jaringan) komunikasi. Dengan Starlink bisa terjangkau, sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau," pungkas Luhut. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat