visitaaponce.com

Gusdurian Sebut Pencalonan Gibran Telah Cederai Integritas Pemilu

Gusdurian Sebut Pencalonan Gibran Telah Cederai Integritas Pemilu
Koordinator Gusdurian Indonesia Alissa Wahid(MI/Sumaryanto Bronto)

KOORDINATOR Gusdurian Indonesia Alissa Wahid mengatakan, proses penetapan calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka telah mencederai integritas pemilu. Dia menyebut Gibran jelas telah merusak etika dan moral bernegara.

“Ini perlu dicatat sebagai sesuatu yang telah mencederai integritas pemilu itu sendiri,” kata Alissa dalam konferensi pers terkait situasi politik Pemilu 2024, Jumat (9/2).

Keputusan DKPP tentang pelanggaran etika KPU dan sebelumnya hasil sidang Majelis Kehormatan MK, kata Alissa, sudah cukup menjadi bukti kuat bahwa pencalonan cawapres nomor urut dua itu bermasalah.

Baca juga : Mahasiswa Se-Solo Raya Tuntut Jokowi Bertanggung Jawab atas Rusaknya Demokrasi

Meski demikian, Alissa berharap proses penyelenggaraan pemilu tidak lagi cacat etik, hukum, dan moral.

“Kalau ini terjadi terus, maka legitimasi pemilu akan dipertanyakan dan itu akan menciptakan ketidakstabilan,” kata Alissa.

Koordintor Sekretariat Jaringan Nasional Gusdurian Jay Akhmad mengungkapkan sepanjang proses pemilu 2024, setidaknya ada ratusan dugaan pelanggaran pemilu. Hal itu juga menjadi bentuk keprihatinan dari Gusdurian.

Baca juga : Mengukur Dampak Keterlibatan Erick Thohir 

“Dari 105 dugaan pelanggaran pemilu, ada empat hal yang menjadi alat ukur kami, pertama terkait integritas penyelenggara pemilu. Kedua, terkait hoaks dan disinfomrasi pemilu. Ketiga berkaitan dengan kekerasan berbasis identitas. Keempat berkaitan dengan martabat kemanusiaan,” ujarnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat