visitaaponce.com

Surat Suara di Bogor Sudah Tercoblos, Ini Reaksi Para Saksi

Surat Suara di Bogor Sudah Tercoblos, Ini Reaksi Para Saksi
8 suara sudah tercoblos pada pasangan calon 02 di TPS 54 Kabupaten Bogor(MI/Dede Susianti)

TERUNGKAPNYA kasus surat suara untuk pemilihan presiden di Kabupaten Bogor pada pemungutan suara Rabu (14/2) ,sudah tercoblos mendapat reaksi beragam.

Seperti diberitakan sebelumnya, di tempat pemungutan suara (TPS) 54 yang berlokasi di Perumahan Villa Mahkota, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, ada 8 suara sudah tercoblos pada pasangan calon nomor urut 2.

Kondisi itu sempat membuat terkejut para peserta pemilih, termasuk para saksi-saksi. Mendengar informasi ada surat suara sudah dicoblos, beberapa warga yang sedang menunggu antrean secara spontanitas memvideokan atau mendokumentasikannya dengan merekamnya. Berbagai pendapat pun diungkapkan.

Baca juga : Kecurangan Pilpres, Surat Suara di TPS 54 Gunung Putri Bogor Sudah Tercoblos 02

"Ada ibu-ibu tuh pas dibuka kertasnya, sudah tercoblos dan minta ganti. Diganti sudah tercoblos lagi. Setelah itu dihentikan sementara. Jadi dibuka semua," kata Suhardjo, saksi dari paslon nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Dia menilai ada kecurangan yang sudah direncanakan. Sebagai saksi, dirinya berharap untuk jujur.

"Jujur saja. Ini hak rakyat jangan direkayasa. Tadi para pemilih, pencoblos sempet gemes,"ucapnya.

Baca juga : KPPS di Kota Kupang Mulai Hitung Suara Pemilu 2024

Yudhi, saksi lainnya, tepatnya saksi dari paslon nomor urut 3 mengatakan, mungkin ada pihak-pihak yang mengacaukan pemilu. Tapi tidak tahu juga siapa yang sudah mencoblos dan dimana.

"Kok bisa bisa tercoblos. Ada 8 surat suara yang sudah tercoblos dan itu sepertinya bukan hal yang tidak disengaja. Menurut saya itu disengaja, karena yang dicobos itu semuanya dari paslon 2,"katanya.

Untung, lanjutnya, kecurangan-kecurangan itu sudah bisa diantisipasi dengan adanya saksi- saksi sehingga bisa berjalan kembali.

Baca juga : Dugaan Kecurangan Pilpres, Puluhan Surat Suara sudah Dicoblos

"Menurut saya bisa lebih baik lagi di pemilihan yang akan datang".

Sementara itu, Waryono, Ketua KPPS TPS 54 menjelaskan kronologis kejadian.

Terungkapnya kasus itu, saat peserta hendak mencoblos. Ada dua peserta menemukan masing-masing dua surat suara tercoblos. Jadi total ada 4 kertas/surat suara tercoblos.

Baca juga : Siapa Coblos Surat Suara ke Prabowo-Gibran? Bawaslu Kabupaten Bogor: Bukan Ranah Kami

Kemudian pihaknya inisiatif mengecek kembali surat suara. Ditemukan lagi 3 surat suara tercoblos dengan kondisi sama, di bagian foto paslon nomor urut 2.

Setelah itu dari panwaslu meminta pihaknya menghentikan proses dan dilakukan pengecekan semua surat suara untuk presiden. Dan kemudian ditemukan lagi tambahan 1 surat suara sudah tercoblos. Jadi total suara ada 8 yang tercoblos.

"4 surat suara ditemukan oleh peserta, 3 dibuka langsung, satu pada saat pengecekan semua,"pungkasnya. (DD/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat