visitaaponce.com

Komnas HAM Temukan Belasan Aparatur Negara tidak Netral dalam Pemilu 2024

Komnas HAM Temukan Belasan Aparatur Negara tidak Netral dalam Pemilu 2024
Komisioner Komnas HAM Pramono Ubaid Tanthowi(Antara)

KOMISIONER Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Pramono Ubaid Tanthowi menyampaikan ada belasan aparatur negara di berbagai daerah tidak netral dalam pemilu 2024. 

Menurut data yang dihimpun oleh Komnas HAM, setidaknya ada 12 kepala desa di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur menyatakan dukungan pada salah satu peserta pemilu.

Temuan lain yang juga dipaparkan Pramono rapat koordinasi kepada desa di daerah Kabupaten Temanggung digunakan untuk kampanye pemenangan peserta pemilu tertentu.

Baca juga : Kemenkes Laporkan 27 Petugas KPPS Meninggal Dunia

“Ada juga arahan Walikota Samarinda kepada jajarannya untuk memilih peserta pemilu tertentu,” ujar Pramono dalam konferensi pers ‘Catatan Komnas HAM RI Atas Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024’ di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (21/2).

Komnas HAM juga menemukan beredarnya video ajakan Pj. Gubernur Kalimantan Barat yang mengajak masyarakat untuk memilih calon presiden dan wakil presiden yang pro terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sebelumnya beredar video ajakan Pj. Gubernur Kalimantan Barat yang mengajak masyarakat untuk memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang mendukung pembangunan IKN. Ajakan ini disampaikan oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat pada Peringatan HUT Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada 24 Januari 2024,” kata Pramono.

Berdasarkan temuan itu, Pramono menyebut laporan itu telah diproses oleh Badan Pengawas Pemilu. Dia juga berharap pemilu ke aparatur negara bisa mengedepankan netralitas dan etika. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat