visitaaponce.com

KPK Eksekusi Eks Direktur Amarta Karya, Trisna Sutisna, ke Lapas Sukamiskin

KPK Eksekusi Eks Direktur Amarta Karya, Trisna Sutisna, ke Lapas Sukamiskin
KPK membawa Trisna Sutisna ke Lapas Sukamiskin, Jawa Barat.(KPK)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Direktur Keuangan PT Amarta Karya, Trisna Sutisna, ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

“Jaksa Eksekutor KPK Andry Prihandono telah selesai melaksanakan eksekusi badan dari terpidana Trisna Sutisna dengan memasukkannya ke Lapas Klas I Sukamiskin,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (5/3).

Trisna bakal menjalani hukuman selama lima tahun dan empat bulan LP Sukamiskin. Hitungannya dimulai dari waktu penahanan di tahap penyidikan. KPK juga bakal menagih pidana denda kepadanya. Uang yang wajib dibayarkan yakni sebesar Rp1 miliar.

Baca juga : Mantan Dirut Amarta Karya Bakal Disidang Atas Dugaan Korupsi dan Pencucian Uang 

Lama pemenjaraan Trisna bakal ditambah jika denda tersebut tidak dibayarkan. Penambahannya sesuai dengan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap.

Trisna juga wajib membayar pidana pengganti. Uang itu juga harus diserahkan dalam waktu sebulan setelah vonis berkekuatan hukum tetap.

“Tambahan pidana untuk membayar uang pengganti yang dinikmati Rp1,3 miliar,” ujar Ali.

Harta Trisna bakal dirampas jika uang pengganti tidak dibayarkan. Benda yang diambil nantinya akan dilelang untuk mengembalikan kerugian keuangan negara.

Trisna Sutisna merupakan terpidana dalam kasus korupsi proyek fiktif. Aksi rasuah itu telah merugikan negara sebesar Rp46 miliar. Ia bersama matnan Direktur Utama Amarta Karya, Catur Prabowo, membuat 60 proyek pengadaan fiktif. Beberapa di antaranya adalah pengerjaan konstruksi Rumah Susun Pulo Jahe, pengadaan pembangunan Gedung Olahraga UNJ, dan pembangunan laboratorium Biosafety Unpad. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat