visitaaponce.com

Coblosan Ulang di Kuala Lumpur Digelar 10 Maret

Coblosan Ulang di Kuala Lumpur Digelar 10 Maret
Petugas KPPS Luar Negeri dan Pengawas KSK menyiapkan Tempat Pemungut Suara di Selangor, Malaysia, Minggu (4/2).(ANTARA/VIRNA PUSPA SETYORINI)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) memutuskan untuk mengonsentrasikan hari pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia, ke tanggal 10 Maret 2024. Kebijakan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 299/2024 yang ditandatangani Ketua KPU Hasyim Asy'ari tertanggal 2 Maret 2024.

SK itu merevisi tanggal PSU di Kuala Lumpur sebelumnya yang membagi pemungutan ke dalam dua hari, yakni Sabtu (9/3) untuk metode kotak suara keliling (KSK) dan Minggu (10/3) untuk pencoblosan langsung di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN).

Anggota KPU Idham Holik tidak menjawab dengan lugas alasan perubahan tanggal PSU di KL. Namun, SK itu menjelaskan bahwa perubahan tanggal didasarkan pada evaluasi terhadap ketentuan penetapan tahapan dan ketentuan PSU di Kuala Lumpur.

Baca juga : KPU Optimistis PSU di Kuala Lumpur Berjalan Lancar

"Perlu melakukan penyesuaian terhadap ketentuan tahapan dan jadwal PSU pada perwakilan Republik Indonesia di Kuala Lumpur," demikian bunyi SK tersebut.

Idham mengatakan, pihaknya sudah mengantongi izin dari otoritas Malaysia untuk menggelar PSU di Kuala Lumpur. Sebelumnya, KPU menyinggung adanya izin yang harus diajukan antara tiga sampai enam bulan ke pemerintah Malaysia jika negara lain ingin menggelar kegiatan politik di negara tersebut.

"Tim KPU, termasuk saya di dalamnya, bertemu dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Malaysia. Pemerintah Malaysia memfasilitasi perizinan tempat dan keamanan," aku Idham, Jumat (8/3).

Menurut Idham, pelaksaan PSU untuk metode TPSLN bakal digelar di Gedung World Trade Centre, lokasi yang sama untuk pencoblosan pada 11 Februari 2024 lalu. Sementara itu, PSU metode KSK tersebar di 122 titik. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat