visitaaponce.com

Begini Nasib Anggota KKB yang Jadi Korban Penganiayaan Prajurit TNI

Begini Nasib Anggota KKB yang Jadi Korban Penganiayaan Prajurit TNI
Ilustrasi Prajurit Raider melakukan sujud syukur usai upacara penyambutan(Antara)

PANGDAM XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menjelaskan kabar terkini keadaan anggota KKB Definus Kogoya yang jadi korban penganiayaan oleh prajurit TNI di Papua.

Izak menjelaskan jika kejadian itu dilakukan prajurit Batalion Infanteri Raider 300/Braja Wijaya yang bertugas saat pertengahan Februari di daerah Papua.

“Di Puncak jaya, khususnya di daerah Ilaga, Gome, dimana TKP itu terjadi (penyiksaan). Kita akan usut tuntas masalah ini. Apapun yang terjadi disana akan menjadi bahan untuk proses hukum nanti,” ujar Izak di Jakarta, Senin (25/4).

Baca juga : Prajurit Siksa Anggota KKB, TNI Minta Maaf ke Masyarakat Papua

Izak menjelaskan aksi kekerasan oleh prajurit TNI terhadap Definus baru terungkap usai prajurit Batalion Infanteri Raider 300/Braja Wijaya kembali ke satuannya di Kodam III/Siliwangi pada Maret awal.

“Karena batalyon 300 sudah purna tugas, sudah tidak lagi di Papua. Kita membuat surat bantuan pemeriksaan dan saat ini Pomdam III/Siliwangi sedang melakukan pemeriksaan kepada yang diduga terlibat di dalam tindakan kekerasan ini,” terangnya.

Penyiksaan itu dilakukan prajurit TNI diduga kesal atas sikap Definus Kogoya yang ingin menebar teror dengan mengancam akan membakar puskesmas di Kabupaten Puncak. Namun teror itu tidak berhasil, Definus ditangkap bersama dua rekannya Warinus Kogoya dan Alianus Murid.

“Mereka akan dibawa ke polres pada saat itu. Tetapi, di jalan satu orang loncat dari mobil yaitu Warinus Kogoya, karena Warinus ini ada DPO Polres puncak yang terus beberapa kali melakukan penyerangan di daerah Puncak lIlaga, dan merupakan pelaku pembunuhan pekerja puskesmas Omukia,” ujar Izak.

Karena ketakukan Warinus berusaha melarikan diri dan loncat dari mobil dengan tangan terikat di belakang. Sehingga jatuh dan terbentur kepalanya di batu hingga meninggal dunia. Sedangkan nasib Definus usai disiksa oleh prajurit dan Murid telah diserahkan kepada pihak kepolisian. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat