visitaaponce.com

Tipikor Hari Ini Bacakan Vonis Sekretasis Nonaktif MA Hasbi Hasan

Tipikor Hari Ini Bacakan Vonis Sekretasis Nonaktif MA Hasbi Hasan
Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung Hasbi Hasan hari ini dijadwalkan untuk menerima vonis kasus dugaan suap dan gratifikasi.(MI/Susanto)

HARI ini Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar sidang pembacaan vonis kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi dengan terdakwa Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) optimistis memenangkan majelis hakim akan menggabulkan tuntutan mereka.

“Kami sangat optimis majelis hakim akan memutus menyatakan terdakwa ini bersalah menurut hukum,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri, Rabu (3/4).

Baca juga : KPK: Uang Rp11,2 M Milik Dadan Tri Hasil Suap

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu meyakini kubunya sudah membuka semua fakta terkait dugaan penerimaan suap dan gratifikasi terkait penanganan perkara yang menjerat Hasbi. Tuntutan jaksa diharap dikabulkan seluruhnya.

“KPK juga telah pertimbangkan semua hal alasan memberatkan maupun meringankannya,” ucap Ali.

Jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK menilai Hasbi Hasan terbukti menerima suap, dan gratifikasi terkait pengurusan perkara. Dia dituntut penjara selama 13 tahun 8 bulan.

Baca juga : Tanggal Pembelian Mobil McLaren Dadan Tri Diubah

“Pidana penjara selama 13 tahun dan 8 bulan, dan pidana denda sebesar Rp1 miliar dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan,” kata JPU pada KPK Ariawan Agustiartono di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis, 14 Maret 2024.

Jaksa juga meminta hakim memberikan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti sebesar Rp3,88 miliar. Uang itu wajib dibayarkan dalam waktu sebulan setelah vonis berkekuatan hukum tetap.

Jaksa meminta hakim memberikan izin perampasan aset Hasbi jika pidana pengganti itu tidak dibayarkan dalam waktu sebulan. Jika tidak cukup, pemenjaraannya ditambah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat