visitaaponce.com

Sikap Oposisi PDIP Disimpan untuk Kepentingan Pilkada 2024

Sikap Oposisi PDIP Disimpan untuk Kepentingan Pilkada 2024
PDIP belum dengan tegas menyatakan posisinya sebagai oposisi terhadap pemerintahan karena masih memperhatikan kepentingan dalam Pilkada 2024(MI/Usman Iskandar)

PDI Perjuangan (PDIP) belum tegas menyatakan oposisi di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5, mengingat kepentingan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Lili Romli mengatakan PDIP masih membutuhkan partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Maju (KIM). PDIP dapat menjalin koalisi dengan parpol-parpol tersebut di pilkada.

"Jika dinyatakan pada Rakernas takut ada anggapan bahwa PDIP jumawa, dan ini tidak baik. Karena PDIP butuh partai-partai dari KIM untuk koalisi pilkada," kata Lili, Senin (27/5).

Baca juga : Pengamat: PDIP Harus Jadi Oposisi yang Objektif jika tidak Ingin Dikerjai

Lili mengatakan apabila sikap oposisi disampaikan terdapat kekhawatiran parpol di KIM akan menjauh dari PDIP. Lalu, PDIP akan melenggang sendirian.

"Nah jika disampaikan sekarang, partai-partai tersebut bisa menjauh, tidak mau berkoalisi dalam pilkada. PDIP jalan sendiri dan dijadikan 'common enemy' dalam pilkada," ujar Lili.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ogah gegabah menentukan sikap politik partai terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Megawati tengah fokus pada Pilkada 2024.

Baca juga : Oposisi Ganjar Selaiknya Diikuti PDIP

"Enak saja. Ini pasti wartawan yang ditunggu iki, sikap dari Rakernas," ucap Megawati dalam pidato penutupan Rakernas ke-5 PDIP di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Minggu, 26 Mei 2024.

Megawati mengatakan partainya sedang menyongsong pilkada. Dia memerintahkan kadernya menggandeng rakyat.

"Karena itulah hal terbaik saat ini adalah turun ke akar rumput untuk persiapan pilkada," kata Megawati. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat