visitaaponce.com

Pemerintah Soroti Keamanan Papua dalam Pilkada 2024

Pemerintah Soroti Keamanan Papua dalam Pilkada 2024
Ilustrasi.(Dok Medcom)

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan wilayah Papua menjadi salah satu fokus pemerintah dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024. Itu karena keamanan di wilayah Papua cukup dinamis sehingga, perlu perhatian khusus.

"Diperlukan antisipasi terhadap berbagai potensi permasalahan dan kerawanan yang mungkin terjadi. Misalnya, terjadi gangguan keamanan, hambatan fasilitasi seperti sarana dan prasarana, distribusi logistik, dan lain sebagainya," ujar Hadi seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (28/5).

Menurutnya, diperlukan sinergi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan pilkada.

Baca juga : Pemilu Berlangsung Sukses dan Aman, Warga Papua Tuai Pujian

Penyelenggaraan pilkada di wilayah Papua akan dilaksanakan di lima provinsi yakni Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. Tahapan Pilkada 2024 telah dimulai dari persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan pada 5 Mei 2024 sampai dengan 19 Agustus 2024. 

Selanjutnya, seluruh tahapan akan bergulir hingga pelaksanaan pemungutan suara pada November 2024 dan ditutup dengan penghitungan suara.

"Kita tentu mengharapkan dalam setiap tahapan Pilkada 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman serta tidak ada kendala apapun dalam pelaksanaannya," kata Hadi.

Menko Polhukam menggelar Rapat Koordinasi dengan tema Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Papua, hari ini. Rapat itu dihadiri sejumlah menteri di antaranya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat