visitaaponce.com

Bulan Ramadan Tiba, Ini 5 Tips Tingkatkan Penjualan dan Omzet

Bulan Ramadan Tiba, Ini 5 Tips Tingkatkan Penjualan dan Omzet
Ilustrasi(123RF)

BULAN Ramadan sudah di depan mata. Para pelaku bisnis akan mencari cara untuk menjaga agar bisnis yang dijalani tetap lancar dan berkembang.
 
Bagi sebagian besar bisnis pastinya akan sangat ingin selalu berinteraksi langsung dengan para pelanggan. Jadi, jalan paling tepat adalah menggunakan WhatsApp sebagai sarana untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan.
 
Seperti yang diketahui bahwa banyak konsumen yang menggunakan aplikasi pengirim pesan sebagai tempat untuk bisa mengontak penjual atau pelaku bisnis. WhatsApp memberikan 5 strategi untuk bisa meningkatkan penjualan menjelang bulan Ramadan, seperti dilansir dari Medcom.id.

1. Menciptakan pengalaman yang baik dengan pelanggan

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pelaku bisnis kecil di Indonesia bahwa WhatsApp (WA) sudah menjadi bagian yang penting agar bisa melakukan interaksi dengan konsumen. WA sendiri juga sudah memberikan fitur sebagai konter toko virtual untuk menampilkan produk, hingga menjawab pertanyaan langsung dari pelanggan.

Baca juga : Sinar Mas Gandeng Media Group Gelar Bazar dan Wakaf Alquran

Selain itu, para pelaku bisnis juga bisa untuk memperbarui informasi jam kerja lewat profil bisnis pada aplikasi WA Business agar memperbaharui informasi tentang apakah toko buka selama bulan Ramadan, atau informasi jam operasional selama bulan Ramadan.

2. Buat pelanggan menjadi lebih terhubung

Selalu informasikan pada pelanggan terkait berita-berita terkait produk atau hal yang paling digemari konsumen adalah potongan harga spesial terkait acara spesial seperti bulan Ramadan.
 
Selain itu, para konsumen juga bisa membeli atau pesan produk dengan keranjang dari pilihan produk yang sudah tersedia pada katalog penjualan. Hal tersebut akan mempermudah konsumen untuk membeli produk yang dijual oleh pelaku bisnis.
 
Mengirim pesan yang dipersonalisasi menjadi sebuah koneksi yang tepat agar bisa meningkatkan relevansi. Dengan menggunakan fitur tersebut maka para pelaku dengan mudah untuk memberitahu segala informasi dengan cara otomatis kepada seluruh konsumen setia.
 

3. Menarik pelanggan baru

Menemukan pelanggan baru merupakan hal yang wajib untuk dilakukan bagi bisnis kecil. Dengan memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen saja tidak cukup, para pelaku bisnis wajib untuk memasarkan produk-produk ke orang banyak dengan cara menggunakan Kode QR yang ada ke etalase, situs web, atau kemasan produk sebagai materi pemasaran.
 
Para calon konsumen cukup melakukan scan ke QR yang sudah ada dan para calon konsumen akan diantar ke toko virtual. Cara mudah itu akan membantu para pelaku bisnis dalam mencari pelanggan baru dan mengembangkan penjualan yang mereka jalani.
 

4. Manfaatkan Sosial Media

Menggunakan media sosial selain WA merupakan hal yang juga wajib untuk dilakukan oleh para pelaku bisni. Jadi, memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook sebagai alat bantu memasarkan produk yang dijual.
 
Cara tersebut juga cukup mudah untuk dilakukan, para pengguna cukup menekan tombol WA ke akun Facebook atau Instagram sehingga para pelanggan cukup mengklik tombol tersebut. Dengan begitu, para konsumen sudah bisa menjelajahi toko virtual yang sudah dibangun sekaligus memulai percakapan terkait produk-produk.


5. Pastikan toko tetap terorganisir

Untuk menciptakan toko agar terus rapi dan terorganisir adalah dengan menggunakan fitur Koleksi Katalog sebagai cara untuk mengelompokkan dan mengatur produk ke dalam katalog tertentu, sehingga para konsumen menjadi lebih mudah dalam mencari produk yang ingin dibeli.
 
Selain itu, untuk melacak percakapan sebagai upaya yang aman agar menciptakan proses jual beli adalah dengan menandai percakapan tertentu dengan deskripsi yang dapat disesuaikan. Hal tersebut biasanya digunakan untuk menandai hal-hal seperti pembayaran yang tertunda atau pelanggan baru.

Demikianlah informasi mengenai tips meningkatkan penjualan saat bulan Ramadan nanti. Tips sudah dibagikan, saatnya praktik. Yuk, bisa yuk! (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat