visitaaponce.com

Tetap Gunakan Masker saat Salat Tarawih di Masjid

Tetap Gunakan Masker saat Salat Tarawih di Masjid
Masyarakat melakukan ibadah Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta.(MI/Andri Widiyanto)

Dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Fathiyah Isbaniah, mengimbau masyarakat untuk tetap mengenakan masker saat melakukan ibadah salat tarawih di masjid. Langkah itu tetap perlu dilakukan meskipun pandemi covid-19 sudah semakin mereda.

"Sebentar lagi kita akan menjalankan Ramadan. Ada tarawih dan ibadah-ibadah lain. Tetap kenakan masker di dalam masjid saat melakukan salat tarawih. Pemakaian masker harus dilakukan di ruangan tertutup atau tempat kerumunan, kalau di area terbuka boleh dibuka," kata Fathiyah dalam webinar yang digelar Pfizer Indonesia bekerjasama dengan Pengurus Pusat Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Selasa (21/3).

Selain mengenai masker, Fathiyah yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan itu juga mengingatkan publik untuk segera melengkapi status vaksinasi mereka. Pasalnya, dengan vaksinasi, masyarakat bisa terlindungi dari virus covid-19 yang belum sepenuhnya hilang dari muka bumi.

Baca juga: Ini Bacaan Salat Witir 1, 2, 3 Rakaat Sendiri dan Berjamaah

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Kelompok Kerja Pengurus Pusat PDPI Irawaty Djaharuddin mengatakan masker bedah cukup untuk dipakai saat beraktivitas sehari-hari.

"Untuk aktivitas sehari-hari kita boleh memakai masker bedah. Itu cukup untuk aktivitas di luar. Masker N95 dengan proteksi cukup kuat biasanya kita pakai di perawatan pasien-pasien di rumah sakit," tutur Irawaty.

Baca juga: Satgas Covid-19 : Suasana Indonesia Sudah Mirip Sebelum Pandemi Covid-19

Selain masker, ia juga mengingatkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan selama Ramadan dan Idul Fitri, termasuk menghindari berjabat tangan dengan bersentuhan secara langsung. Selain itu, masyarakat disarankan memastikan memiliki kondisi tubuh sehat saat melakukan silaturahmi dengan kerabat dan orang-orang terdekat.

"Pastikan kita dalam keadaan sehat, jangan sampai membawa virus dan menularkan pada orang lain," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat