visitaaponce.com

Saat Berpuasa, Anda Diingatkan Lebih Rajin Pakai Pelembab

Saat Berpuasa, Anda Diingatkan Lebih Rajin Pakai Pelembab
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER estetik yang juga edukator kecantikan Abelina D Fitria menganjurkan masyarakat untuk lebih rajin menggunakan pelembab (moisturizer) ketika menjalankan ibadah puasa guna menjaga kelembaban lapisan kulit tubuh.

"Yang wajib dipakai ketika waktu puasa tentu saja moisturizer. Pelembab itu harus lebih sering apalagi tiap habis salat. Habis wudhu pelembab kan terhapus, harus pakai lagi. Itu wajib apalagi itu gampang dilakukan," kata Abelina, Rabu (13/3).

Abelina mengatakan pelembab berfungsi menjaga kulit agar tidak mengalami hidrasi. Pasalnya, ketika berpuasa, Anda kemungkinan tidak dapat memenuhi jumlah konsumsi air sebanyak 2 liter per hari.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa

Dia kemudian menegaskan tidak menganjurkan untuk melakukan exfoliating terlalu banyak saat berpuasa karena dampaknya yang membuat kulit jauh lebih kering.

Exfoliating sebaiknya hanya dilakukan seminggu atau dua minggu sekali atau menggantinya dengan gentle pad.

Kelembaban kulit juga bisa dijaga dengan menggunakan sun screen, menggunakan topi, payung, atau menghindari sinar matahari yang mengandung sinar UV. 

Baca juga : Ketahui Skala Prioritas Ibadah pada Bulan Ramadan

Sun screen pun disarankan tetap dipakai ketika Anda beraktivitas di dalam ruangan.

"Kalau tidak mau pakai sun screen, yang penting hindari matahari. Terus kalau misalnya di dalam ruangan juga tetap harus pakai sunscreen. Soalnya, UV itu tidak kelihatan. UV itu gelombang dan bisa masuk lewat jendela," ujar Abelina.

Tips lain untuk menjaga kelembaban kulit dari Abelina adalah mengurangi makanan olahan yang mengandung banyak gula yang membuat kulit cepat mengalami penuaan dini.

Baca juga : Berpuasa untuk Jiwa dan Tubuh

"Makanan olahan itu sudah terbukti sekali banyak mengandung gula dan itu membuat kulit cepat tua. Jadi seperti tadi, empat sehat lima sempurna masih berlaku juga untuk anti-aging," tegasnya.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menunda penuaan dini pada kulit selama berpuasa adalah tidak terlalu banyak memegang atau menarik kulit wajah karena berpengaruh terhadap cepatnya penuaan dan kulit mengerut.

Selain itu tidur sebaiknya tidak dalam posisi wajah menghadap ke samping hingga menghasilkan bekas garis-garis yang menjiplak dari bantal yang dapat membuat lapisan kulit tertarik. Abelina mengatakan lebih baik tidur dalam posisi lurus agar kondisi kulit tetap terjaga.

"Jadi seperti terlentang, kalau bisa tidurnya jangan tertekan wajahnya. Pokoknya jangan suka pegang wajah atau gosok-gosok skin care keras-keras ya, harus benar-benar light dan lembut di muka," pungkas Abelina. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat