visitaaponce.com

Arsenal Kokoh di Puncak Klasemen

Arsenal Kokoh di Puncak Klasemen
Pemain Arsenal Martin Odegaard (tengah) melakukan selebrasi(AFP/ADRIAN DENNIS)

ARSENAL mengukuhkan posisi di puncak klasemen Liga Primer Inggris dan menjauh dari kejaran Manchester City usai membungkam Tottenham Hotspur pada laga derby London Utara di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (15/1) malam. The Gunners akhirnya bisa menikmati kemenangan lagi di markas rival sekota yang tak pernah mereka raih selama sembilan tahun terakhir.

Skuad asuhan Mikel Arteta unggul 2-0 berkat sepasang gol bunuh diri kiper Hugo Lloris dan Martin Odegaard di paruh pertama.

Lloris melakukan blunder ketika memblok umpan Bukayo Saka yang justru masuk ke gawang sendiri. Odegaard menggandakan keunggulan tim tamu melalui sepakan jarak jauh yang akurat.

Hasil itu juga menjadi kemenangan ganda Arsenal di liga atas Tottenham sejak musim 2013/2014. Odegaard dan kawan-kawan sekarang unggul delapan poin dari City di peringkat kedua yang sehari sebelumnya menelan kekalahan di markas Manchester United.

"Secara psikologis dan emosional, (kemenangan) ini memiliki dampak besar karena ada sejarah besar antara kedua klub dan itu sangat berarti bagi kami untuk memenangi pertandingan ini," kata Arteta.

"Posisi (di klasemen) sekarang bagus buat kami dan mari nikmati setiap momen dan tetap fokus," imbuh pelatih berusia 40 tahun itu.

Baca juga: Arteta Puji Penampilan Berani Arsenal

Laga besar di markas Tottenham tersebut menjadi salah satu ujian Arsenal dalam ambisi persaingan gelar musim ini. Di stadion yang terbilang horor, the Gunners mampu mengatasi memori kengerian tiga kali kalah secara beruntun di sana.

"Saya rasa banyak hal berubah, pemain jelas sudah berubah. Permainannya berbeda jika kami bermain dengan 11 pemain juga yang cukup penting dalam sepak bola. Tahun lalu (kalah) memang sulit dan kami belajar dari situ," ujar Arteta.

Arsenal kini dalam 12 pertandingan terakhir tak terkalahkan dan mengemas 47 poin dari 18 laga. Akhir pekan nanti mereka akan melalui tantangan berat lagi menjamu Manchester United. Setan Merah sejauh ini menjadi satu-satunya tim yang mengalahkan the Gunners di liga musim ini.

Pelatih Tottenham Antonio Conte kecewa skuadnya menelan kekalahan. Pertarungan sengit dan balas membalas peluang terjadi namun usaha para pemain the Lilywhites selalu digagalkan kiper Arsenal Aaron Ramsdale yang tampil cemerlang. Sejumlah peluang emas sempat lahur dari Heung-Min Son dan Harry Kane.

"Yang pasti saya kecewa dan saya minta maaf untuk para penggemar kami karena saya tahu pentingnya laga ini. Hasil ini berat karena kita berbicara tentang hasil yang buruk, tentang kekalahan. Saya rasa performa kami bagus karena kami memulai permainan dengan cara yang benar, dengan cara yang kuat, tapi kemudian kami kebobolan," ujarnya.

"Saya rasa kiper mereka adalah pemain terbaik di lapangan hari ini. Itu artinya kami mencoba menyerang, kami mencoba menciptakan peluang," tukas Conte.(AFP/Football London/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat