visitaaponce.com

Arteta Tak Mau Kompromi Soal Pilihan Liga Europa atau Liga Primer

Arteta Tak Mau Kompromi Soal Pilihan Liga Europa atau Liga Primer
Manajer Arsenal asal Spanyol Mikel Arteta dalam pertandingan Liga Utama Inggris antara Fulham dan Arsenal di Craven Cottage di London(ADRIAN DENNIS / AFP)

MANAJER Arsenal Mikel Arteta menegaskan tidak akan mengorbankan Liga Europa untuk membantu upaya mereka memenangkan gelar Liga Primer pertama selama 19 tahun. The Gunners, julukan Arsenal, sementara unggul lima poin dari Manchester City yang berada di urutan kedua Liga Primer dengan 11 pertandingan tersisa.

Sejumlah pendapat menyebutkan jika Arsenal tersingkir dari Liga Europa dapat membantu harapan The Gunners mempertahankan keunggulan dalam perburuan gelar karena memiliki lebih banyak waktu pemulihan dan persiapan.

Tetapi Arteta tidak sependapat dengan pandangan itu. Ia ingin mencoba mengembalikan budaya kejayaan klub yang selama ini hanya mampu sebagai klub peserta tanpa prestasi selama dua dekade terakhir.

Arsenal akan menjamu Sporting CP di Stadion Emirates, Jumat (17/3) dini hari WIB pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa setelah bermain imbang 2-2 di Portugal pekan lalu.

"Prioritas kami adalah dua kompetisi itu (Liga Primer dan Liga Europa)" kata Arteta.

"Cara terbaik untuk mempersiapkan kompetisi apa pun adalah memenangkan pertandingan sebelumnya dan memiliki kepercayaan diri serta emosi yang tepat untuk menghadapi pertandingan berikutnya," lanjut Arteta.

Arsenal menunjukan keseriusan menjalani dua kompetisi itu pekan lalu dengan jadwal yang padat. Usai menjalani leg pertama di Portugal, mereka tiba kembali di London pada Jumat dini hari waktu setempat, tim tamu menang 3-0 di Fulham dua hari setelahnya.

Arteta sudah menerapkan ke timnya sebuah filosifi sepak bola bahwa memenangkan trofi adalah sebuah "kecanduan", sebuah filosofi yang dimiliki Pep Guardiola. Bersama Man City, Guardiola mengangkat trofi selama empat musim (2018, 2019, 2021, 2022). Arteta adalah asisten Guardiola selama tiga tahun antara 2016 dan 2019 di Man City.

Pengaruh Guardiola terlihat jelas dari gaya permainan Arsenal di bawah Arteta selain mentalitas yang coba ditanamkan ke pemain. "Setiap laga kami kini menjadi final dan kami akan menjalani laga penting berikutnya melawan Sporting," kata bek kiri Arsenal, Oleksandr Zinchenko.

Sementara bagi Sporting, tugas mereka tak akan mudah di laga nanti. Namun, Sporting sudah siap menjalani laga ini berbekal kemenangan 3-0 atas Boavista akhir pekan lalu dalam lanjutan Liga Portugal.

"Target utama kami memang berprestasi di liga, tapi kami juga harus mempersiapkan diri dengan baik melawan Arsenal. Mereka akan tampil berbeda di laga nanti dan kami harus pintar menyikapinya," kata pelatih Sporting Ruben Amorim. (AFP/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat