visitaaponce.com

Pengamat Pembatalan Undian Piala Dunia U20 Awal Bencana Sepak Bola Indonesia

Pengamat: Pembatalan Undian Piala Dunia U20 Awal Bencana Sepak Bola Indonesia
Latihan Timnas U20(Antara/Sigid Kurniawan)

PENGAMAT sepak bola Mohamad Kusnaeni menilai pembatalan undian Piala Dunia U20 yang dijadwalkan di Bali, 31 Maret oleh FIFA berpotensi memunculkan sanksi lebih berat yang akan didapat Indonesia dibanding saat kena hukuman pada 2015 silam.

Jika saat itu FIFA mencabut keanggotaan PSSI dari FIFA gara-gara intervensi pemerintah RI, namun kali ini akan lebih berat dan pelik karena berkaitan dengan Piala Dunia U20.

"Pembatalan drawing merupakan awal. Jika kita sampai gagal melaksanakan event FIFA U20 tersebut Indonesia dianggap menodai kepercayaan yang diberikan FIFA. Otoritas tertinggi sepak bola internasional tersebut dirugikan secara material dan immaterial, karena pelaksaan event mereka kacau balau," kata Kusnaeni Minggu (26/3) menanggapi pernyataan resmi PSSI tentang pembatalan undian Piala Dunia U20 di Bali oleh FIFA.

Baca juga : Terancam Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Pelatih : Bisa Sia-Sia Persiapan Selama Ini

Jika terkena sanksi, dunia sepak bola Tanah Air bakal terdampak. Para pemain terbaik negeri ini kehilangan kesempatan bersaing di pentas internasional. 

Pada periode 2015-2016 Indonesia pernah merasakan pahitnya sanksi dari FIFA, dikucilkan dari pentas internasional. Gara-gara dilarang berkiprah di ajang resmi, ranking Indonesia di FIFA melorot drastis.

Baca juga : PSSI Kalkulasi Dampak Buruk Pembatalan Drawing Piala Dunia FIFA U20 di Bali

Di level domestik pun kompetisi kian sulit mendapatkan sponsor karena harus berpikir ulang berinvestasi ke klub maupun PSSI. Ujungnya jika kondisi makin parah, pelaksanaan kompetisi akan tersendat karena masalah dana.

"Jangan sampai hal itu terjadi. Mimpi buruk buat sepak bola kita. Jangan bermain-main dengan kesepakatan yang sudah dibuat dengan FIFA,” kata Kusnaeni. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat