visitaaponce.com

FIFA Gelontorkan Rp85,6 Miliar untuk Bantu Bangun Training Center Timnas di IKN

FIFA Gelontorkan Rp85,6 Miliar untuk Bantu Bangun Training Center Timnas di IKN
Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.(MI/Susanto)

PRESIDEN Joko Widodo resmikan groundbreaking national training center (TC) alias pusat latihan timnas sepak bola di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (22/9). Selain mendapat dukungan dari pemerintah, pembangunan TC juga memeroleh bantuan dari FIFA senilai Rp85,6 miliar.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan FIFA telah memberikan bantuan senilai Rp85,6 miliar untuk pembangunan TC fase pertama. Itu untuk pembangunan dua lapangan, tempat penginapan para pemain serta pelatih, juga ruang ganti.

"Ini pertama kali sebagai FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," ucap Erick.

Baca juga: PSSI Hargai Perhatian FIFA terhadap Sepak Bola Indonesia

Erick menyebut TC di IKN menandai babak baru sepak bola Indonesia. Impian timnas sepak bola memiliki TC terpadu, kata Erick, tak lepas dari dorongan dan kepercayaan Presiden Jokowi dan komitmen FIFA yang melihat rencana transformasi sepak bola Indonesia.

"Ini cita-cita lama yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat pecinta sepakbola, di mana kita akhirnya bisa membuat sejarah memiliki TC buat tim nasional sepak bola yang terpadu," ujar Erick.

Baca juga: Jokowi Groundbreaking Traning Center PSSI Seluas 34 Hektare

Pembangunan TC seluas 34,5 hektar itu mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait infrastruktur pendukung dan dan pembebasan lahan senilai Rp90 miliar dari dana APBN.

Erick mengatakan pembangunan TC yang rencananya dilakukan dalam waktu delapan bulan akan dipercepat menjadi enam bulan.

Untuk fase dua, akan ada pembangunan delapan lapangan, dengan rincian lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, satu lapangan beach football, dan juga fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang hingga sport science.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia memiliki banyak stadion internasional namun timnas belum memiliki tempat latihan yang terpusat dan terintegrasi.

"Saya yakin sepak bola Indonesia dengan adanya National Training Center ini jika didukung manajemen yang baik, sarana dan prasarana memadai, serta kecintaan besar masyarakat besar terhadap sepak bola, saya optimistis akan mampu membawa dan menyaksikan Garuda kita, timnas kita tidak hanya juara di Asia Tenggara tetapi akan segera mendunia," ucapnya.

(PSSI/Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat