visitaaponce.com

Kebugaran Fisik Wasit Indonesia Jadi Sorotan

Kebugaran Fisik Wasit Indonesia Jadi Sorotan
Wasit memberikan kartu kuning kepada pemain dalam laga Liga 1.(ANTARA/Aditya Pradana Putra)

WAKIL Ketua Komite Wasit PSSI Yoshimi Ogawa mengatakan kebugaran fisik beberapa wasit Indonesia perlu ditingkatkan. Hal tersebut disampaikan Yoshimi dalam diskusi overview perwasitan Indonesia di Jakarta, Senin (20/11).

"Sebenarnya, Juni lalu, aku datang untuk mengamati tes kebugaran wasit, tetapi tanpa melakukan pelatihan praktis. Hasilnya beberapa tingkat kebugaran wasit baik dan beberapa perlu ditingkatkan," kata Ogawa.

Lalu, Ogawa menguraikan wasit dan asisten wasit di Indonesia kini telah menjalani program pelatihan fisik jangka panjang. Namun, dia mengatakan bahwa masih memerlukan waktu untuk melihat hasil dari program pelatihan fisik yang sudah berlangsung saat ini.

Baca juga: Teknologi VAR bakal Digunakan di Piala Dunia U-17, Pertama Kali di Indonesia

"Tapi semuanya perlu waktu. Jika program ini terus berlanjut untuk wasit, asisten wasit, tentu saja (performa) mereka akan meningkat," urai Ogawa.

Selain melakukan peningkatan program wasit, PSSI kini tengah menggelar kursus untuk instruktur teknik wasit. Terbaru sebanyak 30 peserta mengikuti kursus instruktur teknik wasit yang berlangsung pada 15 hingga 18 November lalu di Jakarta.

Substansi dari kursus instruktur teknik wasit pada program tersebut yaitu memberikan pengetahuan dasar mengenai instruktur teknik wasit sehingga nantinya para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan keilmuan sebagai instruktur dalam kursus wasit C3 & C2 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Kota (Askot)/Asosiasi Kabupaten (Askab) dan Asosiasi Provinsi (Asprov).

Baca juga: Dua Tersangka Baru Mafia Bola Ditetapkan, Pengamat: Bagian dari Bersih-bersih Sepak Bola Indonesia

PSSI mempunyai target jangka panjang yaitu dapat menjalankan pemerataan ketersediaan instruktur di seluruh Asprov PSSI di Indonesia dan memperbanyak kursus-kursus wasit level Askot/Askab/Asprov PSSI. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat