visitaaponce.com

Sandiaga Bangga Penonton Piala Dunia U-17 Tembus 400 Ribu Orang

Sandiaga Bangga Penonton Piala Dunia U-17 Tembus 400 Ribu Orang
Menparekraf Sandiaga Uno(MI/Joan Imanuella Hanna Pangemanan)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan bangga mengumumkan Piala Dunia U-17 telah mencatat rekor luar biasa dengan jumlah penonton yang mencapai angka mengagumkan sebanyak 400.000 orang, hingga saat ini. 

Keberhasilan itu tidak hanya menjadi prestasi tersendiri bagi penyelenggaraan turnamen sepak bola internasional di Indonesia tetapi juga menandai pencapaian yang jauh melampaui target awal yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Jumlah penonton Piala Dunia U-17 juga menggembirakan di atas target total mendekati angka 400.000," ujar Sandiaga dengan antusias saat memberikan keterangan di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (30/11). 

Baca juga: Jelang Dua Laga Terakhir Piala Dunia  U-17, Dishub Solo Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Saat ini, antusiasme masyarakat terhadap turnamen ini terus berkembang dan Sandiaga menyampaikan harapannya jumlah penonton akan terus meningkat, terutama pada puncak acara, yakni pertandingan final Piala Dunia U-17 yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (2/12) di Stadion Manahan, Jawa Tengah.

Tidak hanya dari sisi jumlah penonton, tetapi Menparekraf juga mengungkapkan dari total target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkisar antara 5.000-10.000, kontribusi ekonomi yang tercatat sudah mencapai rentang antara US$50 juta hingga US$75 juta. 

Pencapaian ini menjadi bukti nyata bahwa Piala Dunia U-17 bukan hanya ajang olahraga, tetapi juga menjadi magnet ekonomi yang mampu mendinamisasi sektor-sektor terkait.

Baca juga: Top Skor Piala Dunia U-17: Ruberto dan Echeverri

Piala Dunia U-17, yang telah digelar sejak 10 November hingga 2 Desember 2023, menampilkan sekitar 52 pertandingan yang memukau. 

Awalnya, Kemenparekraf menargetkan 10.000 hingga 18.000 penonton pada setiap pertandingan, namun, angka tersebut ternyata terlampaui dengan cukup signifikan.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Vinsensius Jemadu, sebelumnya, menyampaikan harapannya bahwa pencapaian target ini akan mendorong permintaan tinggi terhadap sektor penginapan, transportasi, kuliner, dan produk ekonomi kreatif secara menyeluruh. 

"Tentu ini akan memberikan efek berganda terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya di sekitar kawasan venue, dan membuka peluang baru," ungkapnya.

Dengan pencapaian yang membanggakan ini, Piala Dunia U-17 tidak hanya menjadi prestasi olahraga, tetapi juga membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam menggelar acara internasional yang mampu menggerakkan roda ekonomi dan meningkatkan citra pariwisata negara. 

Menparekraf berharap kesuksesan Piala Dunia U-17 ini akan menjadi landasan untuk penyelenggaraan event-event besar di masa depan, membawa Indonesia sebagai tuan rumah yang solid dan memikat bagi dunia internasional. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat