visitaaponce.com

Miliarder Inggris Setuju Membeli 25 persen Saham MU

Miliarder Inggris Setuju Membeli 25 persen Saham MU
Bendera Manchester United di Stadion Wembley, London, Inggris.(AFP/GLYN KIRK )

MILIARDER Inggris, Jim Ratcliffe, telah menyetujui kesepakatan untuk membeli 25 persen saham di Manchester United (MU) dengan harga sekitar 1,3 miliar pound sterling, dan bersumpah untuk mengembalikan klub liga utama Inggris tersebut ke puncak sepak bola dunia.

MU juga mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaan Ineos milik Ratcliffe akan mengambil alih kendali dari keluarga Glazer.

Perusahaan raksasa kimia global berusia 71 tahun ini juga akan menyediakan dana besar untuk investasi masa depan di stadion Old Trafford.

Hal ini mengakhiri sebuah saga panjang yang dimulai 13 bulan yang lalu ketika keluarga Glazer disebut sedang mempertimbangkan alternatif strategis untuk membantu klub berkembang.

Baca juga: Ratcliffe Ingin Beli Saham Minoritas Manchester United

Glazer yang merupakan keluarga asal Amerika Serikat membeli MU seharga 790 juta pound sterling pada 2005 dan membebani sang juara Inggris 20 kali itu dengan setumpuk utang.

Bankir Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dan Ratcliffe mengajukan penawaran di kisaran 5 miliar pound sterling untuk pengambilalihan secara keseluruhan. Namun itu tidak sesuai dengan nilai yang diminta keluarga Glazer.

Sheikh Jassim menarik tawarannya untuk membeli 100 persen saham klub pada bulan Oktober, sementara Ratcliffe terus mengupayakan kepemilikan saham minoritas.

"Ambisi bersama adalah untuk menciptakan operasi sepak bola kelas dunia yang dibangun di atas berbagai kekuatan klub yang sudah ada, termasuk kinerja sukses di luar lapangan yang terus dinikmati," kata United dalam pernyataan mereka.

Baca juga: Ratcliffe Sebut Valuasi Harga Manchester United tidak Masuk Akal

MU mengatakan bahwa Ratcliffe akan mengakuisisi 25 persen saham kelas b yang dipegang oleh keluarga Glazer dan hingga 25 persen saham kelas a, yang diperdagangkan di New York.

"Sebagai anak lokal dan pendukung klub seumur hidup, saya sangat senang bahwa kami telah dapat menyetujui kesepakatan dengan dewan Manchester United yang mendelegasikan tanggung jawab manajemen atas operasi sepak bola klub," kata Ratcliffe.

Dia mengatakan akan mengembangkan klub dalam upaya meraih kesuksesan dan menggaris bawahi bahwa ini adalah proyek jangka panjang.

"Ambisi bersama kami sudah jelas. Kami semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempat yang seharusnya, di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia," sebutnya. (AFP/Z-6).

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat