visitaaponce.com

Bayern Muenchen Tunjuk Max Eberl Sebagai Direktur Olahraga

Bayern Muenchen Tunjuk Max Eberl Sebagai Direktur Olahraga
Direktur Olahraga Bayern Muenchen yang baru Max Eberl(AFP/Ronny HARTMANN)

BAYERN Muenchen, Senin (26/2), mengumumkan penunjukan Max Eberl sebagai direktur olahraga hingga Juni 2027. Itu merupakan langkah pertama klub Bundesliga itu untuk menggantikan Thomas Tuchel, yang akan hengkang pada akhir musim.

"Eberl akan membawa pengalaman panjangnya di manajemen sepak bola. Dia mengawali kariernya sebagai pemain di FC Bayern. Kami optimistis dia akan sukses membentuk masa depan klub ini," ujar Bayern dalam sebuah pernyataan resmi.

"Tugas dari seorang direktur olahraga adalah tantangan besar. Saya akan mengerjakannya dengan penuh rasa hormat," kata Eberl, yang akan menjabat mulai 1 Maret mendatang.

Baca juga : Thomas Tuchel Bercanda dengan Koper di Pinggir Lapangan Saat Bayern Menang

Penunjukan Eberl telah menjadi rahasia umum selama beberapa bulan terakhir.

Eberl akan bekerja bersama direktur olahraga Bayern saat ini, Christoph Freund, yang didatangkan dari RB Salzburg pada 2023.

Leipzig melepaskan Eberl, September lalu, kurang dari setahun sejak bergabung dengan klub itu dengan alasan menunjukkan hasrat yang minim untuk memajukan klub juara bertahan DFB Pokal itu.

Baca juga : Bayern Muenchen Pecat Thomas Tuchel

Media massa Jerman melaporkan, kala itu, Eberl sudah bersiap bergabung dengan Bayern meski tengah dikontrak Leipzig.

Pria berusia 50 tahun itu akan menggantikan posisi Hasan Salihamidzic, yang dipecat Bayern pada akhir musim 2022-23.

Bayern, Rabu (21/2), mengungkapkan Tuchel akan hengkang pada akhir musim berdasarkan kesepakatan bersama meski sang pelatih, Sabtu (24/2) mengatakan dirinya sebenarnya masih ingin bertahan.

Baca juga : Thomas Tuchel Akui Bayern Muenchen Berat untuk Jadi Juara Bundesliga

Bayern, yang merupakan juara Bundesliga di 11 musim terakhir, saat ini tertinggal delapan poin dair pemuncak klasemen Bayer Leverkusen, saat kompetisi tinggal menyisakan 11 laga lagi.

Media massa Jerman mengatakan Bayern mengalahkan Liverpool dalam mendapatkan Eberl, yang telah lama dikagumi oleh Juergen Klopp.

Eberl telah lama dipandang sebagai pemandu bakat papan atas di Jerman dengan kejeliannya melihat bakat muda.

Baca juga : Harry Kane Gagal Cetak Gol di Dua Laga, Thomas Tuchel Khawatir

Dia menjabat selama 14 tahun sebagai direktur olahraga Borussia Moenchengladbach hingga mundur pada Januari 2022 dengan alasan kelelahan.

Bersama Glacbach, Eberl menghasilkan sejumlah pemain berbakat termasuk Marco Reus, Granit Xhaka, Yann Sommer, dan Marcus Thuram.

Di Leipzig, Eberl memimpin kebangkitan tim dengan mendatangkan pemain muda Lois Openda, Xavi Simons, dan Castello Lukeba. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat