visitaaponce.com

Shopee Cup ASEAN Club Championship 20242025 Bawa Semangat Baru bagi Sepak Bola Asia Tenggara

Shopee Cup ASEAN Club Championship 2024/2025 Bawa Semangat Baru bagi Sepak Bola Asia Tenggara
Shopee jadi sponsor utama ASEAN Club Championship 2024/2025(MI)

Kabar terkini dari Federasi Sepak bola ASEAN atau ASEAN Football Federation (AFF) telah menggema di seluruh dunia sepak bola. Kembalinya ASEAN Club Championship membuat para penggemar dan pendukung sepak bola  dapat menikmati total 40 pertandingan yang menampilkan klub-klub favorit mereka, dengan aksi terbaik dan pertarungan taktik serta skill tingkat tinggi.

Hal ini tentu memicu antusiasme besar di kalangan para penggemar sepak bola yang tak sabar untuk melihat klub-klub terkemuka dari Asia Tenggara berlaga dalam turnamen internasional yang prestisius. Sebagai turnamen klub regional pertama di Asia Tenggara, ini diharapkan akan membawa semangat baru bagi pasar sepak bola di kawasan tersebut. 

Bersamaan dengan pengumuman 'Comeback' dari turnamen bergengsi ini, AFF juga telah mengumumkan Shopee sebagai mitra resmi ASEAN Club Championship, yang akan dikenal sebagai Shopee Cup™. Dalam kolaborasi dengan mitra penyelenggara utama, yaitu Shopee, dan mitra komersial eksklusif, SPORTFIVE, AFF bertekad untuk menciptakan masa depan yang lebih menarik bagi klub sepak bola ASEAN. Sejalan dengan upaya AFF untuk menyesuaikan jadwal turnamen dengan kalender kompetisi Eropa, Shopee Cup™ direncanakan akan dimulai tahun ini pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga 21 Mei 2025 mendatang.

Baca juga : Shopee jadi Sponsor Utama ASEAN Club Championship 2024/2025

Semakin menarik! Juara dan Runner-up Liga 1 Indonesia pada musim sebelumnya, yaitu PSM Makassar dan Persija Jakarta, telah diundang untuk menjadi perwakilan klub dari Indonesia dalam kompetisi Shopee Cup musim ini. Format turnamen ini akan berupa liga, dengan tahap kualifikasi play-offs dan fase grup, di mana total 14 klub terbaik di ASEAN akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara Shopee Cup™ ASEAN Club Championship setiap tahunnya.

Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) Major General Khiev Sameth menyatakan bahwa saat ini merupakan tonggak sejarah bagi dunia sepak bola ASEAN. Dengan hadirnya Shopee Cup™, diharapkan akan membawa dampak signifikan dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub-klub sepak bola di wilayah ASEAN serta mengubah lanskap industri sepak bola di sana. Shopee Cup™ dianggap sebagai salah satu elemen kunci dalam menumbuhkan ambisi klub-klub ternama untuk meraih gelar juara ASEAN dan memperoleh kesuksesan di tingkat Asia.

Baca juga : Pecinta Sepak Bola Bergembira! Persiapkan Diri untuk Shopee Cup ASEAN Club Championship 2024/2025

"Kami merasa bangga dapat menjalin kemitraan dengan Shopee, sebuah perusahaan ASEAN yang telah dikenal secara global dan menjadi mitra utama dalam ASEAN Club Championship yang pertama ini. Bersama-sama, kami mencatat sejarah dengan mempercepat kemajuan klub sepak bola di ASEAN," ungkap Major General Khiev Sameth.

Dalam kesempatan ini, Chief Commercial Officer Shopee Zhou Jun Ji, menyampaikan kegembiraannya atas kerjasama dengan AFF sebagai sponsor utama Shopee Cup™, turnamen antarklub terbesar di Asia Tenggara. Dia menekankan bahwa acara ini memberikan kesempatan bagi Shopee untuk terhubung dengan penggemar sepak bola di seluruh Asia Tenggara, terutama generasi muda dan para penggemar setia olahraga ini. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan Shopee dan tetap memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan kepada pengguna melalui platform terintegrasi mereka.

Berbicara tentang olahraga sepak bola, Asia Tenggara, di mana Shopee beroperasi, diakui sebagai salah satu wilayah dengan penggemar sepak bola yang paling bersemangat di Asia bahkan di seluruh dunia. Serangkaian turnamen lintas negara dan liga di negara-negara yang menjadi anggota AFF telah sukses menjadi tolok ukur utama dalam industri sepak bola di banyak wilayah tersebut.

Baca juga : Jadi Sponsor Utama AFF, Shopee Cup Asean Club Championship 2024/25 Resmi Dimulai

Turnamen Shopee Cup™ akan menampilkan juara dari liga nasional dan pemenang piala (atau runner-up dalam situasi tertentu) dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (masing-masing dua tim per negara), serta dari Filipina dan Singapura (masing-masing satu tim per negara). Sementara itu, juara Liga Nasional Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing untuk merebut dua tempat di Fase Grup melalui babak kualifikasi play-off.

Dua belas klub yang telah memenuhi syarat akan diundi ke dalam dua grup untuk fase grup setelah Pengundian Resmi (Official Draw) dilakukan. Pertandingan fase grup akan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Tim yang berhasil meraih peringkat pertama dan kedua di setiap grup akan melaju ke semifinal. Pertandingan semifinal dan final akan diadakan dalam format kandang dan tandang.

Baca juga : Federasi Sepak Bola ASEAN Umumkan Shopee jadi Mitra Resmi Utama Shopee Cup™ ASEAN Club Championship

Antusiasme tinggi para penggemar sepakbola akan menyambut hangat turnamen Shopee Cup™ dengan teriakan dan nyanyian khas yang menjadi ciri khas para suporter klub. Pertarungan antara para pemain bintang dan strategi tingkat tinggi dari para pelatih berpengalaman akan menjadi pusat perhatian dalam setiap pertandingan. Diperkirakan, puluhan ribu suporter akan memenuhi tribun stadion untuk mendukung klub kesayangannya meraih gelar juara dalam turnamen prestisius ini, sehingga persaingan sengit yang akan terjadi di lapangan sangat dinantikan.

Sebagai Presiden ASEAN Football Federation (AFF), Major General Khiev Sameth menyampaikan apresiasi atas kemitraan dan dukungan dari Shopee. Dia berharap kerjasama yang baik dengan Shopee dan mitra komersial, SPORTFIVE, dapat menghasilkan turnamen sepakbola kelas dunia dan mengangkat ekosistem sepakbola ASEAN ke level yang lebih tinggi.

Informasi lebih lanjut tentang format kompetisi, jadwal Shopee Cup™ musim 2024/25, dan klub-klub yang akan berpartisipasi akan diumumkan pada Pengundian Resmi (Official Draw) yang akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan Mei, dengan tanggal dan lokasi yang akan segera diumumkan. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat