visitaaponce.com

Kalahkan Belanda, Austria Juara Grup D Euro 2024

Kalahkan Belanda, Austria Juara Grup D Euro 2024
Penyerang Austria Marcel Sabitzer (kanan) melakukan selebrasi usai menjebol gawang Belanda di laga Euro 2024.(AFP/ODD ANDERSEN)

TIMNAS Austria melaju ke 16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup D usai secara dramatis mengalahkan timnas Belandaa 3-2 di laga pamungkas di  Olimpiastadion Berlin, Selasa (25/6) malam WIB.  

Marcel Sabitzer menjadi pahlawan kemenangan Austria berkat golnya menjelang akhir pertandingan dan dua gol Austria lainnya datang dari gol bunuh diri Donyell Malen dan Romano Schmid.

Belanda sempat dua kali menyamakan kedudukan melalui Cody Gakpo dan Memphis Depay.

Baca juga : Ronald Koeman Tegaskan Belanda Tahu Apa yang Harus Dilakukan Kontra Austria

Kemenangan tersebut membuat Austria lolos ke 16 besar sebagai juara Grup D dengan perolehan enam poin, sementara Belanda Belanda menempati posisi ketiga dengan empat poin.

Austria unggul cepat saat laga baru berjalan tujuh menit akibat gol bunuh diri pemain Belanda Donyell Malen. Gol berawal saat Malen berusaha melakukan blok terhadap umpan silang bek kiri Austria Alexandre Prass, namun bola justru masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 1-0 untuk Austria.

Usai kebobolan Belanda baru merespons dengan lebih meningkatkan intensitas serangan. Meski demikian, Belanda masih belum bisa keluar dari tekanan Austria.

Baca juga : Ralf Rangnick Tegaskan Sudah Tahu Pola Permainan Timnas Belanda

Pada menit ke-23, Belanda mendapatkan peluang emas pertama lewat Malen usai mendapatkan umpan dari gelandang keturunan Indonesia Tijani Reijnders. Namun penyelesaian akhirnya masih belum on target.

Malen nyaris menebus kesalahannya pada menit ke-24. Dia tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Patrick Pentz, tetapi tendangannya meleset dari sasaran.

Austria hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-38. Bola tendangan Sabitzer bisa ditepis kiper Belanda, Bart Verbruggen.

Baca juga : Ini Penampakan Kylian Mbappe dengan Topeng Menjelang Laga Euro 2024 Melawan Belanda

Marko Arnautovic nyaris mencetak gol, beberapa saat kemudian. Percobaannya di depan gawang dapat digagalkan Verbruggen. Skor 1-0 untuk Austria jadi hasil akhir babak pertama.

Di babak kedua, Belanda langsung memberikan tekanan dan membuahkan gol berkat tendangan Gakpo, dua menit babak kedua berjalan.

Berawal dari serangan balik, Xavi Simons mengirim bola terobosan yang disambut Gakpo. Pemain Liverpool itu mengontrol bola sebelum melepaskan bola tembakan yang menjebol pojok kiri gawang Austria. Skor berubah 1-1.

Baca juga : Kylian Mbappe Dipastikan Bisa Membela Timnas Prancis Kontra Belanda di Euro 2024

Austria kembali unggul pada menit ke-59. Romano Schmid mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari umpan silang Florian Grillitsch, Schmid menanduk bola dan mengenai kaki bek Belanda, Stefan de Vrij selum masuk ke dalam gawang. Austria memimpin 2-1.

Belanda kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-75. Memphis Depay menyepak masuk bola tandukan Wout Weghorst di kotak penalti.

Wasit sempat menganulir gol Depay karena dianggap handball. Namun, gol dinyatakan sah setelah melihat tayangan ulang VAR. Skor berubah menjadi 2-2.

Austria mencetak gol ketiga penentu kemenangan mereka pada menit ke-80. Kali ini giliran Marcel Sabitzer yang mencetak gol.

Sabitzer lolos dari jebakan offside dan menembak masuk bola umpan Baumgartner dari sudut sempit. Austria unggul 3-2.

Belanda gagal mengejar ketertinggalan di sisa waktu pertandingan. Skor 3-2 untuk kemenangan Austria jadi hasil akhir pertandingan. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat